Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bangkitkan Perekonomian, Bupati Solok Serahkan 4 Ekskavator

Rabu, 20 Oktober 2021 | 07:23 WIB Last Updated 2021-10-20T00:23:43Z

Bupati Solok, Epyardi Asda serahkan ekscavator secara simbolis.

Kab. Solok, Rakyatterkini.com - Wujudkan visi-misi 'Mambangkik Batang Tarandam', Bupati Solok, Epyardi Asda, menyerahkan secara simbolis 4 unit ekscavator, Selasa 19 Oktober 2021.


Ekscavator itu diterima Wali Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Wali Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Wali Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, dan Nagari Tanjung Balik Kecamatan X Koto Diatas.


Empat unit ekscavator tersebut diterima oleh wali nagari dan camat masing-masing.

 

Penyerahan 4 unit ekscavator tersebut bersamaan dengan kegiatan vaksinasi massal 3.000 vaksin di Dermaga Kawasan Wisata Danau Singkarak.


Bupati Solok mengatakan penggunaan ekskavator ini adalah untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong royong, dan setiap nagari mempunyai hak yang sama dalam pemanfaatan ekscavator.


Penggunaannya dilakukan secara bergiliran oleh seluruh nagari di Kabupaten Solok, dan semua biaya yang ditimbulkan termasuk operator dan biaya peliharaanya adalah tanggung jawab Pemda Kabupaten Solok.


Wali nagari hanya menyediakan minyak sebagai bahan bakar operasional ekscavator, ujar bupati.


Dikatakan, seluruh jalan yang telah dibuka dan dibuat menggunakan ekscavator akan dicor. Diminta pada seluruh wali nagari untuk segera  mendata masyarakat yang mempunyai lahan perkebunan. 


Pemilik lahan perkebunan agar menggali lobang yang nantinya ditanami  bibit gratis, seperti alpokat, pepaya, durian, manggis, pisang yang nantinya masyarakat dapat menyesuaikan bibit-bibit tersebut dengan kondisi lahan yang cocok ditanam.


Pemda Kab Solok sudah melakukan kerjasama dengan Pemda DKI Jakarta, dan Kota Pekanbaru serta sudah menjajaki kerjasama sama dengan Pemko Dumai untuk pemasaran beras. (hph)




×
Berita Terbaru Update