Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Antisipasi Rabies, Pemkab Agam Vaksin 5 Ribu Hewan Peliharaan

Jumat, 08 Oktober 2021 | 17:38 WIB Last Updated 2021-10-08T10:38:30Z
Vaksinasi rabies digalakkan.


Agam, Rakyatterkini.com – Asisten III Setda Agam, Junaidi, hadiri vaksinasi rabies massal, yang digelar kantor Veteriner Bukittinggi, Jumat 8 Oktober 2021.


Kepala Kantor Veteriner Bukittinggi, drh Gigih Tri Pambudi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Rabies Dunia setiap 28 September, pihaknya menyelenggarakan vaksinasi rabies massal secara gratis bagi hewan peliharaan.


Vaksinasi ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, karena hari ini adalah puncak peringatan Hari Rabies Dunia.


Sementara itu, Asisten III Setda Agam, Junaidi mengatakan, rabies merupakan penyakit hewan yang dapat menular ke manusia melalui gigitan Hewan Pembawa Rabies (HPR), seperti anjing, kucing dan kera.


Dikatakan juga, dalam rangka pengendalian rabies, Pemkab Agam, melalui Dinas Pertanian telah melakukan vaksinasi terhadap 5 ribu hewan peliharaan.


Seiring dengan itu, pemerintah daerah juga melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya rabies.


Menurutnya, keberhasilan pengendalian rabies sangat dipengaruhi oleh seberapa besar keterlibatan seluruh lapisan masyarakat, baik keaktifan petugas kesehatan hewan, perilaku pemilik hewan, partisipasi masyarakat, keberhasilan sosialisasi, penyediaan logistik. (vn)




×
Berita Terbaru Update