Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gubernur Sumbar Dukung Penguatan Nagari dari Berbagai Sisi

Senin, 27 September 2021 | 21:34 WIB Last Updated 2021-09-27T14:34:07Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi audiensi bersama tim peneliti Unand terkait nagari tageh.

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebut pihaknya mendukung penuh upaya untuk memperkuat nagari dari berbagai sisi termasuk dengan penelitian smart village Nagari Tageh yang dilakukan oleh tim peneliti Unand.


"Nagari memiliki banyak potensi yang belum tergarap maksimal karena itu semua upaya penguatan akan kita dukung, "katanya saat menerima audiensi Tim Peneliti Unand terkait Nagari Tageh, yang dihadiri oleh Ketua Tim Peneliti Smart Village Nagari Tageh, Yuskar, Direktur Nagari Development Centre (NDC) Unand, Eri Gas Eka Putra, Kadis Kominfo Jasman Rizal dan Kadis PMD Amasrul, Senin 27 September 2021.


Menurutnya dalam masa pandemi, pemerintah memiliki banyak keterbatasan termasuk dari segi anggaran. Nagari yang kuat diharapkan bisa untuk mengkapitalisasi semua potensi sehingga tetap bisa berkembang dan perekonomian masyarakat bisa meningkat.


Salah satu potensi yang ada di nagari adalah kekuatan perantau yang biasanya tidak pernah lepas dalam berkontribusi dalam pembangunan kampung halamannya.


Ketua Tim Peneliti Smart Village Nagari Tageh, Yuskar, menyebut penelitian mereka nanti akan berkaitan dengan teknologi informasi dan penyediaan data tentang nagari yang bisa diisi dan diakses oleh masyarakat nagari.


Namun mereka cukup menghadapi kendala karena tidak semua nagari yang merespon surat yang dilayangkan. Diperkirakan karena nagari tersebut masih belum memiliki infrastruktur jaringan informasi yang memadai.


Ia mengharapkan dukungan gubernur untuk bisa menfasilitasi agar makin banyak nagari yang bisa bekerjasama dalam penelitia tersebut.


Pada tahap awal penelitian itu akan melibatkan sebelas nagari yang tersebar di Sumbar. (adpim)

×
Berita Terbaru Update