Notification

×

Iklan

Sepuluh Sanggar Seni dapat Fasilitasi Kebudayaan 2021

Senin, 27 September 2021 | 21:40 WIB Last Updated 2021-09-27T14:40:35Z

Gubernur Mahyeldi audiensi dengam Dinas Kebudayaan dan Sanggar Seni.


Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta sepuluh sanggar seni yang mendapatkan fasilitasi kebudayaan dari pemerintah pusat untuk bisa menjaga kepercayaan.


"Kita mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat atas program fasilitasi kebudayaan yang diharapkan bisa melestarikan budaya daerah. Pesan saya jaga kepercayaan yang telah diberikan, "katanya saat menerima audiensi dari Dinas Kebudayaan dan Sanggar Seni, Senin 27 September 2021.


Mahyeldi mengatakan Sumbar memiliki kekayaan budaya, tidak hanya budaya Minang tetapi juga budaya Mentawai dan budaya lain yang tumbuh di tengah masyarakat. Budaya yang berakar dari kearifan lokal itu harus dilestarikan sehingga bisa menumbuhkan daya tarik karena keunikannya.


Lebih jauh ia mengatakan penampilan dari karya yang dihasilkan nanti juga akan bisa memetakan ketertarikan generasi muda terhadap budaya sendiri. Bisa dicarikan pula solusi agar generasi muda bisa menjadi penerus budaya daerah.


Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti mengatakan sejak 2013 Sumbar tidak lagi menerima program fasilitasi kebudayaan selama lima tahun. Setelah itu ada yang dapat secara diam-diam. 


Ia mengatakan pada 2021, Sumbar adalah yang paling banyak menerima program fasilitasi kebudayaan yaitu 10 sanggar. Dari 9641 proposal yang masuk se-Indonesia disaring menjadi 6000-an. Akhirnya hanya 136 proposal yang mendapatkan fasilitasi pada 34 provinsi dan 10 diantaranya dari Sumbar. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update