Notification

×

Iklan

Data Statistik Penting untuk Mendukung Pembangunan Daerah

Kamis, 23 September 2021 | 07:28 WIB Last Updated 2021-09-23T00:28:12Z

Wakil Gubernur Audy Joinaldy,  pada seminar nasional dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN) 2021.


Padang, Rakyatterkini.com - Data statistik yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik sangat dibutuhkan untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan karena sinergi dan kolaborasi perlu ditingkatkan.


"Sumbar memiliki potensi pertanian dan pariwisata. Untuk mengembangkannnya diperlukan berbagai dukungan dari semua pihak, salah satunya dari BPS berupa data statistik sebagai dasar mengambil kebijakan," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat membuka kegiatan Seminar Nasional dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN) 2021, yang gelar secara virtual di Kantor BPS Provinsi Sumbar, Rabu 22 September 2021.


Ia mengatakan dengan data statistik dapat dipantau perkembangan sektor pertanian dan pariwisata dari waktu ke waktu dapat diketahui perkembangannya sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam pembangunan.


Data sangat berperan menjadi acuan utama dalam menyusun perencanaan dan kebijakan pembangunan nasional dan daerah sehingga lebih tepat sasaran. 


Sebagai instansi penyedia data, BPS Sumatera Barat merupakan penyumbang data statistik utama bagi pemerintah Sumatera Barat. Namun demikian tidak semua data menjadi kewajiban BPS.


Statistik sektoral seperti statistik pariwisata sesuai dengan Perpres39/2019 tentang Satu Data Indonesia, menjadi kewajiban OPD/satuan kerja masing-masing. 


Menyongsong Hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September, atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ia mengajak kepada semua masyarakat untuk meningkatkan pentingnya statistik, bagi produsen data, untuk terus meningkatkan kualitasnya, bagi konsumen manfaatkan data dengan sebaik-baiknya.


Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Herum Fajarwati mengatakan pandemi Covid-19 mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di dunia tak terkecuali di Sumatera Barat.


Pertumbuhan ekonomi Sumbar pada triwulan 1 tahun 2020 masih tumbuh positif sebesar 3,89 persen lalu terkontraksi pada triwulan 2 sebesar -4,92 persen, triwulan 3 sebesar -2,91 persen dan -2,23 persen pada triwulan 4 sehingga pertumbuhan ekonomi selama tahun 2020 sebesar -1,60 persen.


Selama ini perekonomian Sumatera Barat ditopang oleh sektor pertanian (21,62%), perdagangan (15,66%), serta transportasi dan pergudangan (10,70%). Sektor pertanian merupakan sektor unggulan yang menggerakkan perekonomian di desa/nagari. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update