Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Baznas Pasbar Bantu 50 Mahasiswa Yappas

Jumat, 24 September 2021 | 13:37 WIB Last Updated 2021-09-24T06:37:30Z

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyerahkan bantuan Baznas kepada mahasiswa.


Pasbar, Rakyatterkini.com - Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menegaskan bantuan beasiswa yang diberikan Baznas kepada mahasiswa agar dimanfaatkan dengan baik untuk membayar uang kuliah yang menunggak.


"Manfaatkanlah untuk kepentingan kuliah atau membayar uang kuliah. Mudah-mudahan dapat meringankan beban mahasiswa dimasa pandemi ini," kata Bupati Hamsuardi saat menghadiri penyerahan beasiswa dari Baznas Pasaman Barat kepada 50 mahasiswa Yappas di aula kampus Yappas Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo Pasaman Barat, Jumat 24 September 202.


Menurut bupati, bantuan beasiswa tersebut adalah program 'Baznas Pasaman Barat Cerdas'. "Artinya jangan sampai ada mahasiswa yang berhenti kuliah karena tidak membayar uang kuliah karena ketiadaan dana atau miskin," Hamsuardi.


Kepada mahasiswa, bupati juga berpesan agar cerdas dalam bergaul,  cerdas beragama, dan memiliki sopan santun. "Jadilah teladan di tengah-tengah masyarakat,"kata bupati.


Bupati menyebut saat ini Pasaman Barat butuh tenaga terampil. "Pendidikan kita pada tingkatan SD dan SMP masih rangking 17 se Sumbar, dengan Pasaman Barat cerdas mudah-mudahan bisa meningkat. Mari kita pacu pendidikan kita sehingga kita bisa sejajar dengan kab/kota lainnya di Sumbar, "kata bupati.


Kepada Baznas, bupati juga berharap bekerja dengan baik dalam penyaluran zakat kepada masyarakat yang membutuhkan. Sehingga keberadaan Baznas di Pasaman Barat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Ketua Baznas Pasaman Barat Muhajir menyebutkan, sepanjang September 2021 sudah 100 orang mahasiswa yang dibantu oleh Baznas yang menunggak uang kuliah karena tidak mampu. 


"Baru-baru ini, ada 50 mahasiswa Yaptip yang kita bantu sekarang 50 mahasiswa Yappas. Totalnya dalam bulan ini sudah 100 mahasiswa menerima beasiswa dengan nilai Rp150 juta dana untuk program Pasbar Cerdas yang kita salurkan,"kata Muhajir.


Disebutkan masing-masing mahasiswa mendapat bantuan Rp1.500.000., yang akan dikirim lewat rekening masing-masing.


"Bantuan atau beasiswa ini hanya bersifat stimulan, agar yang menunggak kuliah bisa kuliah lagi. Jangan sampai adik- adik berhenti kuliah,"kata Muhajir. 


Dia menyebut, penyaluran Baznas akan dilaksanakan secara profesional dan asas pemerataan pada setiap kecamataan sesuai dengan program Baznas, ikut membantu pemberantasan kemiskinan.


Ketua Yayasan Pendidikan Pasaman (Yappas), Yusuf Lubis menyampaikannya terima kasih atas perhatian Bupati Pasaman Barat dan jajaran Pemkab Pasaman Barat terhadap kemajuan pendidikan Yappas selama ini.


"Terima kasih telah memberikan perhatian terhada Yappas. Insya Allah Yappas akan memberikan yang terbaik untuk pendidikan anak bangsa di Pasaman Barat, terima kasih juga untuk wartawan Pasaman Barat yang telah membantu," imbuh Yusuf Lubis yang juga mantan Bupati Pasaman dua periode ini. 


Hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Bidang Agama Adrianto, Kabag Kesra Hendrizal, Kabag Protokol Yosmar Difia, dan lengkap dengan  pimpinan Baznas Pasaman Barat serta jajaran dosen, dan civitas  akademika Yappas Pasbar.  (gjr)




×
Berita Terbaru Update