Notification

×

Iklan

Basapa Dilaksanakan 22-29 September 2021 dengan Prokes Ketat

Rabu, 22 September 2021 | 08:46 WIB Last Updated 2021-09-22T01:46:47Z

Rapat koordinasi pelaksanaan basapa.

Parit Malintang, Rakyatterkini.com - Basapa adalah suatu upacara yang dilakukan oleh masyarakat muslim di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. 


Kegiatan utama yang dilakukan dalam tradisi ini adalah berziarah ke makam Syekh Burhanuddin, salah satu tokoh yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Sumatera Barat pada masa pemerintahan Kerajaan Pagaruyung. 


Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa sang ulama dalam upayanya menyebarkan agama Islam. Basapa dilakukan setiap bulan Safar dalam penanggalan kalender Islam atau Hijriah.


Basapa pada tahun ini akan dilaksanakan pada 22 sampai dengan 29 September 2021 yang terpusat di Nagari Ulakan Tapakis yang dikunjungi berbagai lapisan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman dan dari berbagai daerah di Sumatera Barat.


Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui OPD terkait serta dibantu oleh beberapa intansi vertikal telah melaksanakan rapat koordinasi kesiapan melaksanakan kegiatan basapa tahun ini di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman.


Asisten 1 Pemkab Padang Pariaman, Rudi Rahmad, menyampaikan Basapa kali ini melihat level Padang Pariaman yang berada di level II bisa dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat


Mewakili Kadis Kesehatan Rina mengatakan, Dinkes telah menyiapkan posko kesehatan diberbagai titik, yakninya di depan Makam syekh Burhanuddin merupakan posko utama yang disediakan oleh Dinkes untuk dan menyediakan Test Antigen serta Rapid Test guna  memastikan keamanan setiap pengunjung dalam melakukan kegiatan basapa tahun ini serta terhindar dari penyebaran virus.


Pada rapat koordinasi kesiapan melaksanakan kegiatan basapa tahun ini, beberapa OPD terkait dan perwakilan dari kepolisan dan Dandim 0308 Pariaman juga telah menyatakan kesiapannya dalam mendukung kegiatan basapa pada tahun ini. (sgr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update