Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wapres: Peristiwa Hijrah Inspirasi Sumbar Kembangkan Ekonomi Syariah

Selasa, 10 Agustus 2021 | 16:38 WIB Last Updated 2021-08-10T09:38:08Z
Wapres Ma'ruf Amin video conference dengan Gubernur Mahyeldi.


Padang, Rakyatterkini.com - Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin menilai peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah merupakan tonggak berdirinya masyarakat Islam yang mandiri, berdaulat, dan inklusif.


Itu dikatakan Ma'ruf Amin melalui konferensi video di kediaman Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Selasa 10 Agustus 2021.


Wapres menuturkan semangat hijrah pada dasarnya juga telah menginspirasi bangsa Indonesia secara umum untuk bertransformasi menuju Indonesia Maju yang kuat dan bermartabat.


Lebih lanjut, Wapres meyakini bahwa upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam menggelorakan ekonomi dan keuangan syariah seperti melalui Festival 1 Muharam, sejalan dengan upaya Pemerintah Pusat dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.


Sebagai contoh, sebut Wapres, konversi Bank Nagari menjadi bank syariah yang merupakan cita-cita dan keinginan masyarakat Sumatera Barat, sangat relevan dengan fokus pemerintah dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.


Di samping itu, Gerakan Minangkabau Berwakaf dapat menjadi sarana untuk pemberdayaan masyarakat Sumatera Barat, dan juga sarana untuk membantu perekonomian kelompok masyarakat miskin.


Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah melaporkan rangkaian acara Festival 1 Muharam 1443 H dilaksanakan dalam rangka pengembangan ekonomi syariah secara nasional.


Ia mengatakan ekonomi syariah dan masyarakat Minangkabau ibarat dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Menurutnya hal ini menjadi modal yang baik bagi pengembangan ekonomi syariah tidak hanya di tingkat daerah tetapi juga di tingkat nasional.


Adapun potensi wakaf yang dimiliki masyarakat Sumatera Barat, sambung Mahyeldi, akan sangat bermanfaat untuk mendukung pergerakan perekonomian masyarakat seperti di bidang pertanian, peternakan, pemberdayaan UMKM, dan pariwisata.


Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Wahyu Purnama Putra mengatakan Bank Indonesia selain menjalankan tugas pokok sebagai otoritas moneter dan otoritas sistem pembayaran juga berperan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. 


Dalam peran itu Bank Indonesia memiliki visi mendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia. (adpim)




×
Berita Terbaru Update