Notification

×

Iklan

Masalah Bedah Rumah, DPRD akan Sidak ke Lokasi

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 21:16 WIB Last Updated 2021-08-07T14:16:19Z

DPRD akan sidak lokasi bedah rumah.


Solok Selatan, Rakyatterkini.com - Lembaga legislator berjanji akan melakukan sidak ke tempat lokasi bedah rumah swadaya di Solok Selatan, agar penerima mamfaat tidak dirugikan.


"Kami nanti turun ke lapangan, dan menerima laporan masyarakat terkait ketidak sesuaian jumlah bantuan ataupun tidak nantinya ketika material bangunan rumah swadaya direalisasikan. Kami tak ingin lihat kecurangan," tegas Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda, Sabtu 7 Agustus 2021.


Sebab program bantuan peningkatan kualitas perumahan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021, jumlah bantuan yang akan diterima masyarakat berpenghasilan rendah Rp20 juta untuk satu unit rumah. Dengan rincian Rp17,5 juta bahan material bangunan dan Rp2,5 juta upah tukang.


Program Bantuan Rumah Swadaya Pembangunan Baru ini sudah dilakukan peletakan batu pertama oleh Bupati Khairunas dan Wabup Solsel Yulian Efi. 


Dia berharap pelaksana penyaluran bahan material bangunan membuka hati nurani, bekerja niatkan untuk beribadah. Kegunaannya untuk masyarakat kurang, sebab itu DPRD Solsel meminta semua pihak terlibat dalam pengawasan di lapangan. 


"Laporkan segera bila terjadi kendala dan kecurangan, tujuannya agar bahan material lancar tersalurkan," pintanya.


Begitupun penerima mamfaat harus catat bahan yang diterima dan berapa jumlahnya. Apa saja item nya, jangan takut melaporkan jika tidak sesuai dengan nilai mamfaat.


Jorong sebagai pemerintahan terdepan harus mengawasi, termasuk tokoh masyarakat dan pemuda.


Jangan ada lagi harap Zigo, pemotongan terjadi karena itu akan di Proses dilapangan saat dilakukan sidak dadakan ke sejumlah bangunan rumah bantuan pemerintah itu.


Ada laporan atau tidaknya nanti dari masyarakat, pihaknya akan melakukan pemantauan rumah program swadaya itu. 


Serta akan menanyakan langsung ke pemilik rumah termasuk catatan mengenai berapa item material yang telah diterima.


"Jadi, jangan main-main soal bantuan. Seluruh unsur di Nagari Persiapan Lubuk Gadang Barat, Kecamatan Sangir, kemudian Nagari Bomas Koto Baru, dan Pasir Talang Selatan Kecamatan Sungai Pagu harus berkontribusi melakukan pengawasan terhadap bantuan rumah di tiga nagari ini," harap Ketua DPD Golkar Solsel itu. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update