Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gubernur Ingatkan Sekolah Swasta, Tanpa Keunggulan akan Ditinggalkan

Selasa, 03 Agustus 2021 | 09:32 WIB Last Updated 2021-09-06T10:53:28Z
Gubernur Sumbar, Mahyeldi resmikan TK IT dan SMP IT Cahaya Mekkah, Simpang Ampek, Pasaman Barat.


Pasaman Barat, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi ingatkan sekolah swasta harus memiliki keunggulan dari sekolah negeri, karena jika tidak akan susah mendapatkan siswa bahkan ditinggalkan.


"Sekolah swasta ini potensinya sangat besar untuk menghadirkan keunggulan-keunggulan yang tidak ada di sekolah negeri. Namun tidak semua sekolah swasta bisa memaksimalkan potensi itu sehingga akhirnya ditinggalkan oleh siswanya," katanya saat meresmikan TK IT dan SMP IT Cahaya Mekkah di Simpang Ampek, Kabupaten Pasaman Barat, Senin 2 Agustus 2021. 


Gubernur mengatakan sekolah swasta bisa lebih fleksibel dalam mendapatkan anggaran untuk meningkatkan kualitas sekolah. Fleksibilitas itu yang tidak dimiliki oleh sekolah negeri.


Karena itu sasaran untuk sekolah swasta ini memang keluarga yang memiliki materi berlebih dan menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya.


Ia yakin di Pasaman Barat cukup banyak masyarakat pemilik lahan sawit yang menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang baik dan unggul, karena itu mereka akan memilih sekolah swasta yang benar-benar memiliki keunggulan.


Dia mendorong agar Yayasan Cahaya Makkah bisa terus berinovasi menghadirkan keunggulan baru yang bisa menarik minat dari keluarga calon siswa serta bisa membantu menciptakan generasi penerus Sumbar yang unggul.


Kepala Sekolah SD IT Cahaya Makkah, Satria, mengatakan dalam 4 tahun terakhir perwakilan dari sekolahnya hampir selalu mendapatkan kesempatan menjadi wakil Pasaman Barat dalam olimpiade sains ke Padang.


Selain keunggulan di tingkat akademik itu yayasan juga memberikan jaminan keunggulan di bidang pendidikan akhlak dan tahfiz Alquran.


"Hingga saat ini tidak kurang dari 400 orang siswa telah lulus dari SDIT cahaya Makkah yang masing-masingnya adalah hafiz juz ke-30 bahkan ada yang 5 juz,"ujarnya.


Sementara untuk SMP IT cahaya maka tahun ini menerima 120 orang siswa yang tidak hanya berasal dari Pasaman Barat tetapi juga dari luar Kabupaten.


Namun ia mengakui masih ada kekurangan yang akan dibenahi secara bertahap terutama peningkatan kualitas bangunan sekolah yang sudah ada dan penambahan sesuai dengan kebutuhan. (gjr)




×
Berita Terbaru Update