Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

GOW Sawahlunto Adakan Pelatihan Batik Tulis dan Cap di Desa Santua

Selasa, 10 Agustus 2021 | 16:11 WIB Last Updated 2021-08-10T09:11:49Z

Ketua GOW Sawahlunto, Neldaswenti bersama Kades Santua Sri Adianto meninjau peserta pelatihan batik tulis dan cap di Dusun Kayu Gadang, Desa Santua.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Guna meningkatkan kwalitas hidup kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Sawahlunto mengadakan pelatihan pembuatan batik tulis.


Pelatihan ini digelar di Dusun Kayu Gadang, Desa Santua, Kecamatan Barangin, Sawahlunto, Sabtu 7 Agustus 2021.


Menurut Neldaswenti, ketua GOW Sawahlunto, kegiatan ini merupakan Program Kegiatan Kwalitas Hidup Perempuan (PKHP)) dari Kementerian Pendidikan.


Pelatihan batik tulis dan cap ini dilaksanakan beberapa tahap dan metode, tahapan penjelasan teori, tanya jawab, demonstrasi dan praktek langsung, yang dibimbing oleh Yandri Defriayanto.


Batik Tulis adalah hasil proses produksi batik dengan teknis pembuatan motifnya ditulis langsung secara manual oleh pembatik, menggunakan canting yang terbuat dari tembaga dilengkapi gagang bambu.


Sedangkan Batik Cap adalah batik yang menggunakan alat cap batik khusus, dalam pelatihan kali ini dilakukan inovasi menggunakan limbah karton. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update