Notification

×

Iklan

Pokir Anggota DPRD Sumbar, 77 Unit Alsintan Diserahkan pada Kelompok Tani

Senin, 19 Juli 2021 | 18:15 WIB Last Updated 2021-07-19T11:15:17Z

Alsintan bantuan pokir anggota DPRD Sumbar.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Pekan lalu, 30 unit handtractor diterima untuk kelompok tani dari dana aspirasi anggota DPRD Sumatera Barat dari Fraksi PKS Budiman Dt. Malano Garang.

 

Kini, datang lagi bantuan alsintan untuk kelompok tani, yang berjumlah 77 unit. Masing-masing 38 Handtractor, 15 unit Cultifator, 13 unit Pompa Air dan 10 unit Konseler serta 1 unit Komben mini.


Bantuan itu berasal dari dana pokir anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Demokrat, dan pembagiannya akan diberikan kepada kelompok tani yang ada di kecamatan se-Tanah Datar.


Penyerahan berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar, dihadiri anggota DPRD Tanah Datar dari fraksi Partai Demokrat Nurhamdi Zahari, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, anggota kelompok tani, Senin 19 Juli 2021.


Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari fraksi Partai Demokrat, Jefri Masrul berharap bantuan alsintan ini bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani untuk meningkatkan hasil pertanian.


Jefri Masrul juga menyampaikan selain bantuan alsintan, ia juga memiliki pokir untuk bantuan bibit jagung untuk tujuh kelompok tani dan bantuan bibit bawang untuk empat kelompok tani yang akan segera digulirkan oleh Dinas Pertanian Provinsi untuk masyarakat Kabupaten Tanah Datar.


“Ini merupakan awal visi dan misi kami sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Demokrat yang didukung oleh seluruh masyarakat dan anggota fraksi yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Kami akan terus bersinergi untuk membantu masyarakat di Kabupaten Tanah Datar terutama di bidang pertanian, karena kita tahu pada umumnya masyarakat di Tanah Datar berlatarbelakang sebagai petani dan menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian,” tambah Jefri


Bupati Eka Putra secara pribadi dan sebagai pimpinan daerah mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul, yang menurutnya telah melaksanakan janji-janji kampanyenya dulu ketika mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Provinsi.


Dikatakan bupati, bantuan alsintan sebanyak 77 unit ini sangat luar biasa dan banyak sekali. Untuk itu diharapkan kepada kelompok tani untuk tidak monopoli dalam pemakaiannya nanti, serta juga diingatkan terkait bagaimana pemeliharaannya nanti.


Eka Putra juga mengatakan sektor pertanian mempunyai peranan penting terhadap perekonomian di Kabupaten Tanah Datar. “Pada tahun 2020, sektor pertanian di Tanah Datar memberikan kontribusi terhadap PDRB sebesar 29,81 %, sehingga pembangunan pertanian menjadi prioritas  bagi Pemda Tanah Datar sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026,


Eka Putra juga mengatakan janji politiknya saat mencalonkan diri sebagai bupati di Kabupaten Tanah Datar tentang “Bajak Gratis” bagi para petani baru bisa dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. 


“Program bajak gratis baru bisa terlaksana pada 2022 nanti, karena sekarang kami baru mempersiapkan anggarannya." (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update