Notification

×

Iklan

Manfaatkan Teknologi Informasi, Gubernur Dorong Pertanian Modern

Sabtu, 03 Juli 2021 | 18:28 WIB Last Updated 2021-07-03T11:28:10Z

Manfaatkan teknologi informasi, gubernur dorong pertanian modern.


Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mendorong pertanian modern memanfaatkan teknologi informasi yang disediakan oleh BMKG.


"Teknologi menjadi salah satu faktor untuk memajukan sektor pertanian. Petani harus bisa memanfaatkannya," katanya saat menghadiri pembukaan sekolah Lapang Iklim Operasional dan Tanam Padi Perdana Kelompok Tani PRL Rajo Tigo Selo Jorong Babukik Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sabtu 3 Juli 2021.


Menurutnya saat ini sektor pertanian adalah yang paling besar memberikan pendapatan bagi daerah sekitar 23 persen.


Sebanyak 57 persen masyarakat Sumbar juga bergelut di bidang pertanian karena itu pertanian menjadi salah satu fokus perhatian dalam masa kepemimpinannya.


Mahyeldi menyebut ketersediaan pangan yang didukung oleh pertanian yang maju akan memberikan jaminan ketahanan pangan. 


Ketahanan pangan adalah salah satu jaminan bagi masyarakat untuk bisa tenang menjalankan usaha yang menggerakkan perekonomian daerah, termasuk dalam masa pandemi Covid-19.


Padi organik menjadi salah satu produk pertanian yang tidak saja bisa berfungsi sebagai pendukung ketahanan pangan tetapi unggul pula dalam kandungan yang bisa menyehatkan.


Ke depan produk pertanian Sumbar juga akan dikerjasamakan untuk mengisi kebutuhan provinsi lain di Sumatera.


Bahkan kata Mahyeldi DKI Jakarta juga siap untuk menampung beras asal Sumbar, sehingga pasar untuk produk pertanian daerah itu masih terbuka lebar.


Kepala BMKG Padang Pariaman Sakimin mengatakan sekolah lapangan yang dilakukan adalah untuk mengenalkan informasi cuaca dan iklim pada petani.


Sementara Kepala BI Perwakilan Sumbar, Wahyu Pernama mengatakan pihaknya juga bertujuan untuk membantu UMKM dan pertanian di Sumbar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.


Usai acara Gubernur Sumbar Mahyeldi menyerahkan bantuan dua unit tractor dan alat penyemprot hama.


Acara itu juga dihadiri Sekda Agam Martias Manto, Kadis Pertanian Sumbar Syafrizal dan sejumlah pihak lain. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update