Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gubernur: Fermentasi Jadi Solusi Pakan Ternak

Jumat, 30 Juli 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-07-30T15:00:00Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi kunjungi galeri pakan ternak di Agam.


Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai teknologi fermentasi bisa menjadi salah satu solusi bagi petani untuk penyediaan pakan ternak, terutama pada saat rumput atau hijauan sulit di dapatkan.


"Dengan menerapkan teknologi ini petani tidak harus mencari rumput setiap hari sehingga ada waktu luang untuk melakukan pekerjaan sampingan," katanya saat mengunjungi kelompok tani ternak UAU Sarumpun, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Minggu 30 Juli 2021.


Gubernur mengatakan teknologi fermentasi belum banyak digunakan oleh petani peternak di Sumbar padahal dengan penerapan teknologi itu pekerjaan pemberian makan ternak akan lebih efektif.


Menurutnya jika petani peternak sudah memanfaatkan teknologi fermentasi maka bisa memiliki waktu untuk mengelola potensi lain seperti kotoran dan urine sapi untuk dijadikan pupuk.


Biasanya sumber pakan ternak yang biasa dimanfaatkan petani  adalah hijauan seperti rumput. Dengan teknologi fermentasi hijauan lokal, jerami dan pohon jagung akan dijadikan silase kemudian ditambahkan nutrisi sebagai konsentratnya seperti mineral, probiotik dan enzim. 


Anggota DPRD Sumbar Rinaldi mendukung upaya untuk memberikan ilmu teknologi fermentasi kepada petani peternak karena akan sangat membantu pertumbuhan ternaknya sehingga bisa memberikan keuntungan yang berlipat kepada petani. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update