Notification

×

Iklan

Wabup Apresiasi Program Nusantara Sehat di Solok Selatan

Kamis, 03 Juni 2021 | 12:56 WIB Last Updated 2021-06-03T05:56:21Z

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi apresiasi program nusantara sehat.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi mengapreasi program nusantara sehat yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan, dengan menempatkan beberapa orang tenaga kesehatan di daerah jauh dan sulit diakses. 


Menurutnya, program tersebut sangat membantu daerah dalam usaha-usaha peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 


“Kita sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program nusantara sehat yang terus berlanjut di Solok Selatan, guna lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar Wabup Yulian Efi mengapresiasi.


Wabup yang didampingi Kadis Kesehatan Novirman, Kabag Humas Firdaus Firman, serta Kepala Puskesmas Lubuk Ulang Aling, Wetra Fauza berpesan agar para tenaga nusantara sehat yang akan ditugasi di Puskesmas Lubuk Ulang Aling, dapat bekerja sebaik-baiknya dalam melayani kebutuhan kesehatan masyarakat serta dapat berinteraksi dan memahami adat istiadat setempat.


“Layanilah lmasyarakat sebaik-baiknya, dan hormati adat dan istiadat setempat,” pesan Wabup ketika menerima secara resmi utusan kemenkes bersama tenaga nusantara sehat di ruangan kerjanya di Padang Aro, Rabu 2 Juni 2021.


Sementara itu, Nanang, Widyaswara pendamping dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan Program Nusantara Sehat dari Kemenkes merupakan program prioritas yang bertujuan untuk memudahkan dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


Program yang telah berjalan sejak 2015 ini ditujukan kepada daerah-daerah sulit dan perbatasan. Para peserta menurutnya juga  telah dibekali secara intensif di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBP) Ciloto serta RSCM FKUI, Jakarta.


Tidak hanya pembekalan keahlian medis dan non-medis, tetapi mereka juga dibekali materi bela negara, pelatihan semi militer, serta pemahaman terhadap budaya lokal, agar siap ditempatkan dimana saja di seluruh Indonesia, terang Nanang.


Kadis Kesehatan Novirman mengatakan di tahun 2021 ini Solok Selatan menerima sebanyak 6 orang tenaga kesehatan melalui program nusantara sehat.  


Enam orang tersebut ditempatkan di Puskesmas Lubuk Ulang Aling di Tanah Galo, Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah, dengan cakupan wilayah kerja pada Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah, serta Lubuk Ulang Aling Selatan.


Mereka terdiri dari 5 orang perempuan, dan 1 orang laki-laki yang bertugas sebagai Tenaga Gizi, Tenaga Farmasi, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Dokter Gigi, Bidan, serta perawat, dengan  daerah asal yang berbeda-beda.  Dari Jeneponto Sulawesi Selatan (2 orang), Kulon Progo, Kendari Sulawei Tengah, Sanggau Kalimantan Barat, serta Pesisir Selatan.


Selama dua tahun ke depan, menurut Novirman para petugas yang telah mengikuti seleksi ketat di kemenkes tersebut akan mengabdikan dirinya di 3 kenagarian di Lubuk UhTidak boleh menikah selama 6 bulan pertama serta hanya diperkenankan pulang satu kali dalam satu tahun. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update