Notification

×

Iklan

Penuhi Kebutuhan Pelanggan, PDAM Padang Pariaman Butuh SIG

Kamis, 17 Juni 2021 | 16:15 WIB Last Updated 2021-06-17T09:15:37Z

(foto humas)



Padang Pariaman, Rakyatterkini.com - Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur menghadiri pemaparan proposal pemetaan jaringan pipa distribusi oleh tim P3M Tirta Wiyata Magelang, di Kantor Pusat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lubuk Alung, Kamis 17 Juni 2021.


PDAM Padang Pariaman perusahaan yang melayani pendristribusian air bersih ke wilayah pelayanan PDAM di daerah itu memerlukan jaringan pipa. 


Pipa tersebut tersebar dengan cara tertanam di dalam tanah, sehingga menyulitkan ketika melakukan monitoring sebuah sistem maintenence ketika terjadi masalah pada pipa tersebut. 


Untuk mengatasi permasalahan terebut, pihak PDAM Padang Pariaman melakukan terobasan dengan mendatangkan Tim Pusat Penelitian dan Pengabdian Massyarakat (P3M) Tirta Wiyata Magelang guna mendapatkan pemahaman terkait pemaparan pemetaan jaringan pipa distribusi air bersih.


Bupati Padang Pariaman mengatakan pemetaan jaringan pipa distribusi tentu jelas yang akan dihadapkan ke pelanggan. Kemudian jika berhubungan dengan air sebagai karyawan PDAM hal yang paling diutamakan bagaimana bisa mememenuhi kebutuhan konsumen.


Ia berharap agar bisa mendapatkan jaringan distribusi tersebut, karena hingga saat ini PDAM belum bisa berdiri sendiri, mengingat PDAM masih berstatus subsidi, sehingga saat ini hanya bisa memberikan hak dari pegawai PDAM. 


Ini merupakan sebuah tantangan bagaiamana PDAM ke depannya mendapatkan hasil, dan juga berkontribusi terhadap pendapatan daerah, tentunya langkah-langkah yang harus diambil selain pengajuan proposal juga harus adanya pemetaan pipa jaringan distribusi yang patut diganti, lebih telisik bagian mana yang bocor dan debit airnya tidak sesuai.


Bupati berharap, khususnya bagi pihak PDAM agar dapat mengikuti pemaparan proposal pemetaan jaringan pipa distribusi oleh tim P3M  Magelang ini dengan serius, sehingga nantinya dapat memberikan perubahan terhadap PDAM Padang Pariaman ke depannya. 


Direktur PDAM Padang Pariaman, Aminuddin menyebutkan untuk memenuhi keinginan konsumen penguna air bersih di Padang Pariaman, pihaknya berupaya melakukan yang terbaik untuk konsumennya.

 

Untuk mewujudkan semuanya itu, yang perlu dibenahi adalah PDAM itu sendiri, agar konsumen tidak kecewa terhadap layanan PDAM. Artinya, PDAM harus berbenah dengan mengunakan Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) bagi tim PDAM yang bekerja di lapangan.


Ia menyebutkan, SIG adalah teknologi yang memiliki kemampuan untuk secara geografis mengumpulkan, mengelola, memanipulasi dan memvisualisasikan data spasial (spasial) yang terkait dengan posisi permukaan bumi pada peta sesuai dengan posisi sebenarnya dari permukaan bumi dengan titik koordinat informasi tentang pemetaan titik pelanggan pelanggan pipa.


Menurutnya, SIG ini sangat dibutuhkan oleh tim teknis di PDAM untuk membantu pengolahan data jaringan pipa dan titik properti pelanggan juga untuk divisualisasikan ke peta dalam bentuk digital. Jadi artinya, Informasi Teknologi ‘SIG’ ini sangat dibutuhkan oleh PDAM Padang Pariaman.


Hasil yang ditampilkan oleh sistem adalah data distribusi dan poin properti pelanggan juga pandangan pendukung lainnya seperti daerah perbatasan, jalan, tempat tinggal, reservoar, sumber air dan asesoris dapat ditampilkan dalam data peta dan tabulasi. (sgr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update