Notification

×

Iklan

Padang Pariaman Rawan Bencana, Pemkab Awasi Kegiatan Eksploitasi

Selasa, 22 Juni 2021 | 17:17 WIB Last Updated 2021-06-22T10:17:47Z



Padang Pariaman, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang, membuka rapat harmonisasi program destana dan jalur evakuasi bencana, Selasa 22 Juni 2021.


Rahmang menyebutkan Padang Pariaman adalah salah satu daerah yang lengkap jenis kebencanaannya. Sesuai kajian resiko bencana, meliputi banjir, banjir bandang, cuaca ekstrim, gelombang ekstrim dan abrasi, gempa bumi, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, letusan gunung api, tanah longsor, serta tsunami.


Menurutnya, mengingat banyaknya jenis bencana di daerah itu, maka dibutuhkan perhatian ekstra dari seluruh pihak bersama untuk merumuskan kebijakan yang tepat dalam penanggulangan bencana.


Pemerintah wajib melaksanakan pengawasan terhadap seluruh tahap penanggulangan bencana. Pengawasan yang dilakukan yakni pengawasan terhadap sumber ancaman atau bahaya bencana, kebijakan pembangunan yang berpotensi menimbulkan bencana, kegiatan eksploitasi yang berpotensi menimbulkan bencana.


Selain itu, pemerintah mengajak seluruh lembaga swadaya masyarakat dan semua pihak terkait dalam kebencanaan untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.


Rapat harmonisasi pada hari ini bertujuan untuk meningkatkan dan membangun kesadaran seluruh elemen pemangku kepentingan bencana terhadap pentingnya kolaborasi dalam penanggulangan bencana. Dan juga merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi. (sgr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update