Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

16 KUB Nelayan Danau Singkarak Dapat Bantuan Perahu

Selasa, 15 Juni 2021 | 09:07 WIB Last Updated 2021-06-15T02:07:13Z

Nelayan Danau Singkarak dapat bantuan perahu.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com -  16 Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Salingka Danau Singkarak, Tanah Datar terima bantuan perahu serta kelengkapannya.


Bantuan diserahkan oleh Bupati Tanah Datar di halaman kantor walinagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Senin 14 Juni 2021.


Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Hilmi, ikut mendampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menyerahkan bantuan kepada nelayan.


Bupati menyampaikan, perairan Danau Singkarak merupakan salah satu sumberdaya alam yang potensial untuk dijadikan sebagai modal dasar pembangunan.


Pemanfaatannya harus memperhatikan faktor-faktor lingkungan sebagai tempat berlangsungnya hubungan timbal balik antar makhluk hidup dan alamnya agar dapat dimanfaatkan secara lestari dan berkelanjutan.


Pada lokasi perairan umum Danau Singkarak tidak diperbolehkan melakukan penangkapan ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan karena dapat merusak sumberdaya ikan yang ada pada danau ini. 


Ikan bilih yang merupakan ikan endemik dan di dunia cuma ada di Danau Singkarak serta jenis ikan lainnya yang punya nilai ekonomis penting. Bupati minta  instansi terkait menjaga dan mengawasi perairan umum Danau Singkarak.


Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Hilmi sebelumnya melaporkan bantuan perahu, alat penangkap ikan dan perlengkapan diserahkan kepada 16 kelompok Usaha Bersama Nelayan Salingka Danau berasal dari Kecamatan Rambatan dan Batipuh Selatan untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan di Danau Singkarak. 


Hilmi uraikan,ban tuan yang di berikan kepada 16 KUB nelayan terdiri dari perahu sebanyak 22 unit, mesin perahu 33,5 ps  22 unit, jaring gilmet 4 inci 88 buah, senter kepala 88 buah.


Jaket pelampung 88 buah yang bersumber dari DAK Kelautan dan Perikanan pada Bidang Budidaya dan Tangkap pada Dinas Pangan dan Perikanan sebesar Rp528 juta.


Untuk itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra minta Dinas Pangan Perikanan, camat dan walinagari terus memantau penggunaan bantuan yang sudah diserahkan supaya pengelolaan dan pemanfaatannya sesuai dengan ketentuan. (farid)




×
Berita Terbaru Update