Notification

×

Iklan

SPH Berikan Kemudahan Pembayaran Berobat Lewat QRIS

Sabtu, 29 Mei 2021 | 15:38 WIB Last Updated 2021-05-29T08:38:35Z

Semen Padang Hospital (SPH).


Padang, Rakyatterkini.com - Semen Padang Hospital (SPH) memberikan kemudahan kepada pasien dengan pembayaran selama masa pandemi cukup melalui pembayaran digital atau QRIS.


Petugas Kasir SPH Riri Seprian mengatakan, pembayaran melalui QRIS bisa dilakukan melalui m-banking nasabah bank, maupun melalui dompet digital seperti Dana, Shopee pay, Gopay, Link Aja dan mobile banking.


“Prosesnya sangat mudah, pasien tinggal scan barcode di bagian kasir, kemudian petugas akan input biaya berobat, lalu kita proses tagihannya dan pulang. Jadi tidak perlu lama dan lebih praktis,” katanya dalam siaran pers.


Riri menuturkan, sistem pembayaran dengan QRIS ini sudah berlangsung sejak pertengahan tahun 2020. Sistem ini merupakan salah satu inovasi di masa pandemi oleh SPH.


Sebelumnya, inovasi ini juga sudah dicanangkan oleh Bank Indonesia, sehingga di masa pandemi adalah momen tepat menggunakan layanan tersebut.


Menurutnya, inovasi dalam sistem pembayaran digital itu jelas memudahkan bagi kedua pihak, yakni SPH dan pasien yang berobat. Sehingga proses transaksi menjadi lebih cepat dan efisien.


“Bagi pasien tidak perlu ribet membawa uang tunai untuk berobat. Jika misalnya ada emergency, maka tidak perlu repot-repot membawa uang tunai ke rumah sakit. Cukup scan barcode melalui smartphone, sehingga sangat membantu pasien,” tuturnya.


Sedangkan di pihak kasir juga memudahkan kerja tanpa harus menghitung uang tunai karena sudah ada di sistem, sehingga sangat praktis.


“Apalagi di masa pandemi, uang jadi salah satu alat yang cepat menularkan penyakit. Perputaran uang dari satu tangan ke tangan lain, sehingga kita tidak tahu dari siapa uang itu sebelumnya,” terangnya.


Riri menjelaskan, hingga saat ini pasien yang menggunakan sistem pembayaran dengan QRIS berkisar di angka 20 persen. Hal ini terjadi karena masih banyak masyarakat awam dan yang berasal dari luar daerah yang masih belum tahu sistem pembayaran cashless seperti ini.


“Sedangkan yang berobat dari Kota Padang sendiri rata-rata sudah tahu dengan ini,” paparnya.


Ia mengimbau dan berharap kepada pasien yang berobat ke SPH bisa memanfaatkan layanan pembayaran digital ini. “Karena selain aman dan praktis, sistem ini juga tidak ribet,” harapnya. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update