Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 9 Juni 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
46.385 642 41.832 1.048
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sandiaga Uno Dukung Penuh Pengembangan Desa Wisata

Minggu, 23 Mei 2021 | 09:28 WIB Last Updated 2021-05-23T02:28:51Z
Desa wisata Pariangan, Tanah Datar.

Jakarta, Rakyatterkini.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berjanji mendukung penuh pengembangan desa wisata sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi kreatif saat ini. 


Itu dilakukan agar ekonomi Indonesia dapat dengan lekas pulih.


"Sesuai dengan semangat kita untuk membangkitkan desa-desa ini pertama agar ekonomi kita pulih," ujar Sandi dalam siaran pers, Sabtu 22 Mei 2021.


Dia memberikan contoh keberhasilan dari Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur. Menurut dia, desa tersebut berhasil meningkatkan penghasilan tahunan desa hingga mencapai 100 kali lipat. 


Dia beserta rombongan mengecek langsung kegiatan di desa itu agar bisa langsung menjadi motivasi bagi desa-desa wisata lain.


Dia melihat langsung bagaimana wilayah persawahan seluas satu hektare di desa itu telah disulap dan bisa menghasilkan keuntungan pertahun hingga Rp1,2 miliar. 


Padahal, sebelumnya sawah-sawah tersebut hanya menguntungkan warga Rp10 juta per tahun. Melihat itu, Sandiaga menekankan, banyak kegiatan di desa tersebut yang dapat dikembangkan dan memberi keuntungan bagi warga.


"Harapan kita, pariwisata bisa menggerakkan ekonomi kita, membangkitkan semangat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," jelas dia.


Sandiaga mengungkapkan, kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif tersebut dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dia menekankan tentang pentingnya pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada rakyat.


"Ini yang saya ingin berikan pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada masyarakat perdesaan," tutur Sandi.


Bupati Malang, Sanusi turut mengapresiasi langkah Kemenparekraf dalam menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat perdesaan. Dia mengakui, manfaat itu dapat dirasakan secara langsung dengan meningkatnya pendapat masyarakat sekitar di tengah pandemi.


"Kita gerakkan ekonomi kreatif dengan meningkatkan potensi yang ada dari padi yang 8 ton sekarang sudah bisa 15 ton," kata Sanusi.


Kemenparekraf saat ini memang tengah menginisiasi program Anugerah Desa Wisata 2021. Program tersebut dibentuk agar 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program itu. 


Dengan demikian, promosi terkait perekonomian kreatif dapat semakin memotivasi desa-desa dalam mengembangkan inovasi. (*)




×
Berita Terbaru Update