Notification

×

Iklan

Pengurus DPC Masata Dilantik Bupati Tanah Datar

Minggu, 09 Mei 2021 | 11:09 WIB Last Updated 2021-05-09T04:09:57Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra melantik pengurus masyarakat sadar wisata (masata).

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Masyarakat Sadar Wisata (masata) merupakan organisasi penggiat dan pelaku industri pariwisata yang bertujuan untuk menggairahkan kepariwisataan.


Diharapkan Masata dapat menjadi mitra dan perpanjangan tangan pemerintah dalam membangun dan memajukan sektor wisata di Tanah Datar. 


Itu disampaikan Bupati Tanah Datar, Eka Putra saat pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Masata Kabupaten Tanah Datar yang juga dihadiri Wabup Richi Aprian, Plh. Sekda Edi Susanto, dan beberapa kepala OPD, Sabtu 8 Mei di Indo Jolito Batusangkar. 


“Kita memang menjadikan pariwisata sebagai sektor utama untuk dikembangkan seperti potensi alam, budaya dan kuliner. Apalagi sektor ini mampu memberikan dampak yang banyak, seperti turut memajukan pertanian, industri kecil, perdagangan, transportasi, kuliner dan jasa lainnya,” terang Eka. 


Dalam masa pandemi Covid-19 ini sektor pariwisata memang paling terdampak, karenanya kita semua harus juga mempersiapkan langkah ketika pandemi lenyap, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus menjadi perhatian untuk dibangkitkan, karena sektor ini mampu lebih cepat membantu meningkatkan kembali perekonomian masyarakat, ujar bupati.


Sementara itu Ketua DPD Masata Sumbar, Joni Mardianto  menyampaikan apresiasi dan bangga atas perhatian pimpinan daerah Tanah Datar. 


“Alhamdulillah, melihat kehadiran pak Bupati dan pak Wabup serta didampingi Sekda dan OPD lainnya ini menambah semangat kami di Masata, karena ini membuktikan betapa sektor pariwisata sangat diperhatikan di Tanah Datar,” ujarnya. 


Di kesempatan lainnya, Ketua Masata Tanah Datar Hijrah Adi Sukrial menjelaskan jika pengurus Masata Tanah Datar terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari akademisi, pelaku wisata, organisasi wisata, pemerintahan, hingga media. 


"Untuk tahap awal ini kita akan mengembangkan empat desa wisata di Tanah Datar. Nantinya setelah itu akan ada desa wisata rintisan lainnya secara bertahap, " tukasnya. 


Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian meminta agar pengurus Masata dapat belajar dari daerah lainnya, bagaimana agar wisata di Tanah Datar dapat dikemas sedemikian rupa hingga memiliki nilai wisata yang layak bersaing. 


“Kita ingin Tanah Datar menjadi destinasi wisata utama di Sumatera Barat, tentunya keinginan ini tidak bisa diraih begitu saja, disinilah peranan Masata saya harapkan, setidaknya bersama Pemda kita menuju ke arah slogan,  belum ke Sumatera Barat jika belum ke Tanah Datar,” ujarnya. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update