Notification

×

Iklan

Penerimaan CPNS, Pemprov Sumbar Dapat Kuota 1.176 Orang

Kamis, 20 Mei 2021 | 10:02 WIB Last Updated 2021-05-20T03:02:40Z

Ilustrasi ujian CPNS.


Padang, Rakyatterkini.com - Pemerintah mengumumkan penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dimulai pada 31 Mei mendatang. 


Menindaklanjutinya, Pemprov Sumbar sudah mempersiapkan semua kebutuhan saat pelaksanaan berbasis computer assisted test (CAT).


“Sekarang kita sudah mempersiapkan tim panitia penerimaan. Untuk pengumuman dilakukan pada 31 Mei nanti, "ujar Plt Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Fitriati M, Rabu 19 Mei 2021.


Pemprov Sumbar masih menunggu arahan selanjutnya dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terkait tahapan penerimaan. 


Menurutnya, kemungkinan besar, tahapannya hampir sama dengan yang sebelumnya. Ada Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Wawasan (TKW).


“Kita tunggu dulu informasi selanjutnya, tapi secara umum kita sudah siap untuk penerimaan, ” ujarnya.


Sebelumnya, Pemprov Sumbar sudah mendapatkan kepastian kuota penerimaan ASN di Pemprov Sumbar. Total sebanyak 1.176 formasi, jumlah tersebut merupakan angka yang disetujui oleh pemerintah pusat.


Jumlah tersebut diberikan untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


Sebelumnya sudah diajukan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sekitar 1.510 formasi.


Rincian total 1.176 orang itu terdiri dari PPPK guru sebanyak 743 formasi, CPNS tenaga kesehatan 92 formasi, CPNS tenaga teknis 333 formasi, dan PPPK non guru atau tenaga teknis 8 formasi.


Menurutnya, pendaftaran mulai dibuka serentak seluruh Indonesia sesuai arahan pemerintah pusat pada 31 Mei 2021. Termasuk persyaratan dan ketentuan pendaftaran juga diumumkan nantinya.


Sebelumnya, Pemprov Sumbar mengajukan 1.510 CPNS dan PPPK ke pemerintah pusat. Rinciannya, terdiri dari 1.020 PPPK untuk formasi guru 800 orang, teknis 44 orang, dan guru agama 169 orang. Sementara untuk CPNS yaitu sebanyak 490 formasi untuk tenaga teknis dan kesehatan.


Fitriati mengungkapkan, jumlah yang diusulkan sudah sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan Pemprov Sumbar.


Ini disebabkan karena Pemprov Sumbar membutuhkan tambahan pegawai. Sebab lebih dari 1.000 orang pensiun setiap tahunnya. (eds) 



IKLAN



×
Berita Terbaru Update