Notification

×

Iklan

Kapal BA Ombilin yang Kandas Milik Kementerian Perhubungan

Kamis, 27 Mei 2021 | 20:33 WIB Last Updated 2021-05-27T13:33:01Z


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Kapal BA Ombilin yang kandas dan viral di media sosial itu merupakan aset Kementerian Perhubungan RI bukan Kementerian Kelautan dan Perikanan.


Kepala Dinas Perhubungan Tanah Datar, Harfian Fikri menuturkan sejak tahun 2012 kapal yaang kandas merupakan aset Kementerian Perhubungan RI, namun biaya pemeliharaan dibebankan kepada Pemkab Tanah Datar. 


Kapal sudah pernah dua kali mengalami kecelakaan, karam dan tenggelam pada tahun 2013 dan 2017.


Kadishub juga memaparkan, Dishub Tanah Datar sempat membuat surat kepada Kementerian Perhubungan RI untuk mengembalikan kapal tersebut. Karena kapal tersebut dianggap tidak sesuai untuk danau, sementara biaya pemeliharaannya sangat tinggi. 


"Namun, pihak kementerian berpijak dari surat sebelumnya bahwa Pemkab Tanah Datar bersedia menerima kapal tersebut. Sejak tahun 2020 Dishub Tanah Datar tidak lagi menganggarkan biaya perawatannya.


Dikatakan, kapal tersebut dikelola oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah III  Sumbar.


Bupati Tanah Datar, Eka Putra, meminta agar biaya perawatan Kapal BA Ombilin yang rusak dalam keadaan kandas di Tapian Bonjo, Nagari Batu Taba, Batipuh Selatan diaudit secara menyeluruh. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update