Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 9 Juni 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
46.385 642 41.832 1.048
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati dan Wakil Bupati Launching Pelayanan Publik Tanah Datar

Jumat, 28 Mei 2021 | 08:01 WIB Last Updated 2021-05-28T01:01:23Z
Bupati Tanah Datar, Eka Putra, wakil bupati, Richi Aprian foto bersama usai launching pelayanan publik.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar, Eka Putra didampingi wabup Rici launching pelayanan publik Tanah Datar di Gedung Serba Guna Nagari Paninjauan X Koto Kecamatan X Koto, Kamis 27 Mei 2021.


Pelayanan publik merupakan tanggungjawab yang harus dilakukan pemerintah terhadap masyarakat.


Bupati dan wakil bupati melakukan perbaikan dan pembenahan format dan pola pelayanan publik akan menjadi perhatian serius, sehingga akan dapat memberi manfaat, kemudahan, dan kenyamanan masyarakat.


Peningkatan pelayanan publik, merupakan upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif, dan efesien, sebagaimana termaktub dalam misi Kabupaten Tanah Datar 2021-2026.


"Pada era baru ini, paradigma pelayanan publik yang diberikan Pemkab Tanah Datar sudah mulai bergeser, bila dulu masyarakat harus hadir ke lokasi pelayanan, mengantri, berpindah dari satu kantor ke kantor lain, memakan waktu lama dan banyak biaya, maka dengan pelayanan publik Tanah Datar di ujung jari semua urusan bisa selesai cepat, dan cukup dari rumah saja, "sebut Eka


Inovasi ini merupakan program yang didesain untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk tahap awal, layanan yang diberikan terkait dengan administrasi kependudukan aplikasi OASE, perizinan melalui OSS, dan hotline kesehatan. 


Bupati meminta agar petugas memberikan pelayanan maksimal dan sebaik-baiknya, melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik secama petugas, dan melakukan evaluasi secara berkala, sehingga bila ada permasalahan di lapangan dapat dibenahi dengan segera.


Kabag Organisasi Setdakab Tanah Datar, Adriyanti Rustam menjelaskan, inovasi pelayanan publik pada bidang kependudukan, perizinan, dan layanan kesehatan itu merupakan bukti keseriusan Pemkab Tanah Datar dalam meningkatkan layanan publik, sekaligus mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

 

Masyarakat tak perlu lagi datang ke Batusangkar yang akan menghabiskan waktu dan biaya, mereka cukup menyelesaikan urusan dari rumah saja, atau paling jauh sampai ke kantor walinagari. 


Asal persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan lengkap. Semua urusan dijamin akan segera selesai, sebutnya


Adriyanti jelaskan menggunakan ujung jari dan telepon pintarnya, masyarakat sudah bisa mendapatkan dokumen yang mereka perlukan, sehingga tidak ada lagi warga yang tak terjangkau pelayanan cepat tersebut. 


Kalau kini baru urusan dokumen kependudukan, perizinan skala usaha perseorangan, dan layanan puskesmas, maka dalam pengembangannya nanti, Pemkab Tanah Datar juga akan memasukan banyak hal dalam pelayanan publik di ujung jari tersebut, seperti rumah sakit, kecamatan, pelayanan pajak, retribusi daerah, dan pelayanan lainnya yang menjadi kewenangan daerah. (farid)




×
Berita Terbaru Update