Notification

×

Iklan

Antisipasi Corona Varian Baru, Cara Tepat Pakai Masker Dobel

Rabu, 26 Mei 2021 | 11:05 WIB Last Updated 2021-05-26T04:05:40Z

Ilustrasi.


RAKYATTERKINI.COM - Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes menemukan 54 kasus Covid-19 berasal varian yang diwaspadai dunia atau 'Variant of Concern' (VoC). 


Varian tersebut mencakup B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, dan B1617 dari India.


Diketahui, variant of concern adalah varian dengan mutasi yang bisa mempengaruhi kemampuan penularan, kepekaan alat tes, tingkat keparahan gejala, dan kemampuan virus menghindar dari sistem kekebalan tubuh.


Mengantisipasi penularan varian baru, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan penggunaan masker dobel. Pasalnya, cara ini disebut mampu menurunkan risiko penularan Covid-19 hingga 90 persen.


Mengacu pada laman CDC, penggunaan masker rangkap dapat meningkatkan filtrasi atau penyaringan udara yang dihirup dan diembuskan.


Akan tetapi Satgas Cobvid-19 mengingatkan, tak sembarang masker aman dipakai dobel. Ditegaskan, penggunaan jenis masker medis dan KN95 secara dobel justru bisa mengganggu kemampuan filtrasi masker.


"Jangan gabungkan 2 masker medis secara bersamaan sebab masker medis tidak dirancang untuk bisa digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan kemampuan filtrasi dan kesesuaian masker," terang juru bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam siaran langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya.


Menurut Prof Wiku, jika ingin mendobel masker untuk meningkatkan keamanan, masker medis bisa digunakan berlapis dengan masker kain. 


Sedangkan masker KN95 sebaiknya tidak digunakan berlapis dengan masker lain. (dtc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update