Notification

×

Iklan

Wabup Rahmang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Senin, 26 April 2021 | 15:25 WIB Last Updated 2021-04-26T08:25:03Z

Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang menyaksikan penandatanganan kesepakatan bersama.


Parit Malintang, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang, pimpin apel kesiapsiagaan bencana nasional 2021, Senin 26 April 2021.


Wabup mengatakan menyambut baik apel kesiapsiagaan yang tahun ini mengambil tema 'Siap Untuk Selamat, Latihan Membuat Kita Selamat dari Bencana'.


Ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab pemerintah daerah kepada masyarakat atas bahaya bencana. Apel ini menjadi hal wajib untuk kesiapsiagaan diri kita yang harus digalakkan khususnya untuk masyarakat Padang Pariaman. 


Apel kesiapsiagaan bencana nasional diperingati pada 26 April ini, dengan mempertimbangkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana yang merupakan perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke prefentif atau pengelolaan resiko bencana.


Pemerintah pusat dan daerah mengajak seluruh lembaga swadaya masyarakat dan semua pihak terkait, untuk bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.


Yang terpenting adalah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dan usaha penanggulangan bencana agar masyarakat yang tinggal di Padang Pariaman mengerti tanda adanya bencana, penanggulangannya dan selamat dari bencana. 


Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2021 juga merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi. 


Padang Pariaman memiliki banyak potensi bencana yaitu ada 11 jenis bencana seperti gempa bumi, tsunami di daerah barat daerah, banjir dan banjir bandang, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan dan lainnya. 


"Kita tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit diprediksi. Namun kita bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana itu sendiri." 


Apel kesiapsiagaan bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman baik bagi stabilitas pemerintah daerah maupun nasional. (sgr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update