Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Secara Marathon Deri Asta Sambangi 3 Kementerian RI

Rabu, 14 April 2021 | 15:32 WIB Last Updated 2021-04-14T08:32:09Z
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno foto bersama para bupati/walikota di Sumatera Barat.


Jakarta, Rakyatterkini.com - Sebagai kota berstatus 'world heritage' dari UNESCO dan termasuk dalam kawasan geopark nasional, pembangunan dan program pariwisata di Kota Sawahlunto sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat. 


Untuk mendapatkan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta terus bergerak menemui berbagai kementerian dan lembaga negara terkait.


Tiga kementerian secara maraton langsung disambangi Walikota Deri Asta bersama OPD terkait. Pertama Deri Asta kunjungi Kementerian Koperasi Dan UKM, Teten Masduki kemudian dilanjutkan mengunjungi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Senin, 12 April 2021.


Selasa 13 April 2021, Walikota Deri Asta dengan fasilitasi oleh Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, melanjutkan pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. 


Kepada Menparekraf Sandiaga Uno, Walikota Deri Asta mengekspose bagaimana potensi pariwisata di Sawahlunto. 


Walikota Deri Asta  memaparkan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas pariwisata di 'Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya' ini memerlukan kebijakan, program dan tentu saja anggaran besar yang tidak dapat di - cover dengan APBD kota. Maka itu sangat besar harapan untuk Kemenparekraf dapat turun tangan membantu Kota Sawahlunto. 


"Jadi kita mengundang bapak Sandiaga Uno untuk berkunjung langsung ke Sawahlunto meninjau langsung kondisi kita. Dari kunjungan itu nanti, tentu pak Sandiaga dan jajaran Kemenparekraf dapat merumuskan untuk memberikan dukungan dan bantuan seperti apa bagi peningkatan pariwisata Sawahlunto," sebut Walikota Deri Asta. 


Diharapkan, dengan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat, maka status 'world heritage' yang telah diperoleh dari UNESCO benar-benar dapat dimaksimalkan dan dikelola peluangnya. Sehingga status berlevel dunia itu membawa manfaat bagi Kota Sawahlunto dan masyarakatnya. 


Menanggapi ekspose dan usulan dari Pemko Sawahlunto tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno menyambut positif dan berjanji untuk menjadwalkan kunjungannya ke Sumatera Barat, termasuk Kota Sawahlunto. 


Sementara, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang memfasilitasi pertemuan walikota dan bupati se-Sumbar dengan Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pertemuan tersebut bertujuan untuk menjalin sinergi pemerintah daerah di Sumbar dengan pemerintah pusat. 


"Pada intinya kami ingin ada harmonisasi program dan kebijakan pembangunan antara pusat dan daerah agar terjadi percepatan pembangunan di Sumbar," kata Andre Rosiade. (Hms/Ris1)




×
Berita Terbaru Update