Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Resep Ayam Goreng KFC yang Dibocorkan Chef Resto Michelin

Selasa, 13 April 2021 | 16:46 WIB Last Updated 2021-04-13T09:46:35Z
Ayam goreng resep kfc. (foto ist)

RAKYATTERKINI.COM - Resep ayam goreng KFC yang gurih renyah masih menjadi misteri hingga sekarang. Para chef restoran berbintang Michelin inipun coba membocorkan resepnya.


Ayam goreng KFC memiliki banyak penggemar karena kelezatannya yang tiada banding. Resep rahasianya ini bahkan terjaga dengan rapat dan hanya diketahui oleh para pekerja di restoran ayam goreng tersebut.


Banyak orang yang telah berusaha meniru resep ayam goreng yang terkenal tersebut, tetapi belum ada yang bisa menemukan rahasia resepnya secara tepat. Mulai dari YouTuber kuliner hingga chef profesional bahkan tak lepas dari keikutsertaannya untuk bereksperimen menemukan resep ayam goreng ini.


Baru-baru ini dua orang chef terkenal dari restoran berbintang Michelin mencoba untuk membuat ayam goreng KFC. Mereka mencoba menemukan formula yang tepat seperti yang dibuat mendiang colonel Sanders yang telah meninggal tahun 1980.


Dilansir melalui Dailymail UK (5/4), Tom Aikens, chef restoran Muse di Belgravia dan Alex Bond, koki restoran Alchemilla mencoba untuk meniru resep ayam goreng KFC melalui seri terbaru Snackmasters. 


Mereka berdua membocorkan resep untuk membuat ulang ayam goreng KFC yang terkenal dengan 11 bumbu dan rempah yang bisa dilakukan di rumah.


Episode pembocoran resep KFC ini akan ditayangkan pada Selasa (6/4). Sebelumnya, melalui acara ini juga banyak chef terkenal yang mencoba untuk meniru resep dari merek-merek makanan terkenal seperti Whopper milik Burger King hingga KitKat.


Pada episode tersebut, kedua koki restoran berbintang Michelin akan mencoba membedah rasa bumbu dan rempah dari ayam goreng KFC melalui kemampuan lidah mereka untuk mengenali rasa bumbu dan rempah. 


Keduanya memiliki racikan bumbu dan rempah yang cukup berbeda. Perpaduan bumbu yang dilakukan hanya bermodal dengan kemampuan para koki hebat ini mencicipi rasa menggunakan lidah mereka.


Tom memulai dengan menyampurkan thyme, basil, oregano, seledri bubuk, merica hitam, mustard kering, paprika, bawang putih bubuk, jahe giling dan merica untuk melapisi ayam gorengnya. Selain itu, Tom juga menggunakan buttermilk dan tepung untuk membantu memarinasi ayam sebelum digoreng.


Di sisi lain, ada Alex yang menggunakan merica hitam, merica, bawang putih bubuk, oregano kering, paprika, thyme, seledri bubuk, mustard bubuk, jahe, bubuk bawang bombai, basil dan cayenne. Bumbu dan rempah tersebut kemudian digunakan oleh Alex untuk dicampurkan pada tepung jagung, tepung, gula dan garam.


Oe Ledington, yang merupakan keponakan dari colonel Sanders mengatakan bahwa resep yang dibuat oleh kedua chef tersebut sangat mendekati resep aslinya. 


Resep aslinya memang menggunakan daun thyme kering, daun basil kering, oregano kering, bubuk seledri, merica hitam yang dihaluskan, mustard kering, paprika, bubuk bawang putih, jahe halus, merica, dan tentunya tepung serbaguna serta garam.


Tahun lalu, seorang pria asal Inggris juga mencoba meniru resep ayam goreng KFC. Ia melakukan eksperimennya selama 18 bulan untuk menemukan resep ayam KFC yang sempurna dan sama dengan yang aslinya.


Dan Fell, pria asal Warwickshire, juga mengungkapkan 11 bumbu dan rempah rahasia versinya. Eksperimen tersebut ia lakukan saat lockdown Covid-19 dan penutupan restoran-restoran cepat saji dan ia membagikannya melalui media sosial Twitter pribadinya.


Fell, yang juga seorang komposer musik ini mengaku bahwa ia telah menghabiskan waktu selama lebih dari setahun untuk menemukan campuran dan komposisi bumbu dan rempah yang tepat untuk meniru resep ayam goreng yang terkenal tersebut. Resep yang ia gunakan adalah 544 gram tepung terigu, 4sdm paprika, 2sdm merica dan bubuk bawang putih, 1sdm jahe yang dihaluskan.


Kemudian untuk campuran, Fell menggunakan 4 sdm bubuk mustard, bubuk seledri dan merica hitam, 1/2 sdm oregano dan thyme serta 1/3 sdm seasalt. Pecinta ayam goreng KFC ini juga menjelaskan bahwa basil merupakan bahan yang kesebelas yang harus ia tambahkan. Tetapi ia mengurungkan niatnya karena sudah sangat terlalu banyak bahan yang ia tambahkan ke dalam campuran ayam gorengnya.


Sementara itu resep lainnya juga datang dari seorang wanita asal London, Ernestina Agyei, yang juga mengungkapkan eksperimennya untuk meniru resep ayam goreng KFC di rumah. 


Agyei menyampurkan 136 gram tepung, 1 sdm sea salt, thyme, oregano, bubuk bawang putih, merica hitam, bubuk bawang bombai, campuran merica hitam, paprika merah dan bawang putih serta 2 sdm paprika. (dtc)




×
Berita Terbaru Update