Notification

×

Iklan

Icon Pariwisata Mandeh, Pulau Soeltan akan Dikembangkan

Selasa, 13 April 2021 | 11:40 WIB Last Updated 2021-04-13T04:40:01Z

Pulau Soeltan kawasan Mandeh, Pesisir Selatan.


Pesisir Selatan, Rakyatterkini.com -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) akan melakukan pengembangan kawasan Pulau Soeltan (Pulau Setan) sebagai icon pariwisata Kawasan Mandeh.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, mengungkapkan, pengembangan Pulau Soeltan dengan melengkapi sarana dan prasarana pendukung di kawasan ini seperti pembangunan MCK, mushala, penataan tempat berjualan dan atraksi air.


Khusus untuk pengelolaannya nantinya dikelola oleh Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) bersama Mandeh Tarusan Jaya. Dengan harapan pengelolaan dilakukan secara profesional sehingga penataan kawasan pulau lebih teratur. 


Setiap nagari yang ada di Kecamatan Koto XI Tarusan menjadi pemilik modal Bumnag Bersama Mandeh Tarusan Jaya,dan nantinya modal itu digunakan untuk pengembangan Kawasan Mandeh dan salah satunya adalah Pulau Soeltan/Pulau Setan, ujarnya 


Ditambahkannya sekarang ini sedang dilakukan seleksi oleh Badan Koordinasi Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Koto XI Tarusan untuk mencari Pengelola Bumnag(Direktur Bumnag) yang nantinya bertanggungjawab untuk pengelolaan dan pengembangan Kawasan Wisata yang ingin dikembangkan nantinya. 


Ini segera direalisasikan minimal lebaran telah bisa berjalan dan bisa menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Sebab setiap hari ramai dikunjungi bahkan ketika libur panjang. 


Pulau Soeltan sebagai lokasi yang menjadi pavorit wisatawan ketika mengeliling Kawasan Mandeh menggunakan boat. Di kawasan ini biasanya wisatawan bisa melakukan atraksi wisata seperti makan siang, berenang, shalat, hiking hingga atraksi wisata air seperti Banana Boat/donat boat.


Kawasan ini memiliki pantai yang bersih, indah dan sangat nyaman bagi wisatawan untuk berenang dan bersantai. (myd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update