Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 29 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
68.074 11.450 55.179 1.445
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dukcapil Ceria Padang Pariaman Kembali Terima Penghargaan Tingkat Nasional

Kamis, 01 April 2021 | 13:13 WIB Last Updated 2021-04-01T06:13:58Z
Penghargaan Dukcapil Bisa.

Padang Pariaman, Rakyatterkini.com - Kinerja prima dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman kembali menerima penghargaan ‘Dukcapil Bisa’.


Penghargaan itu diterima dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tito Karnavian. Penghargaan Dukcapil Bisa merupakan singkatan dari berkarya, inovasi dan inisiatif, sabar dan adaptif. 


Penghargaan tersebut diumumkan secara virtual, saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Dukcapil 2021 di Jakarta pada Rabu 31 Maret 2021 yang juga diikuti Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman.


Apresiasi diberikan atas capaian pada sembilan kriteria pelayanan yaitu total perekaman KTP-el 98%, total penerbitan KIA 20%, total penerbitan akte kelahiran 92%, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan.


Penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) pada 18 dokumen kependudukan, layanan online, layanan terintegrasi, perjanjian kerjasama (PKS) serta akses data organisasi perangkat daerah. Indikator berikutnya adalah jumlah penduduk dan wilayah afirmasi. 


Kriteria penduduk besar diatas 1,5 juta jiwa, penduduk sedang diantara 500.000 - 1.500.000 juta jiwa, penduduk kecil 500.000. layanan pada hari sabtu, minggu dan libur.


Serta indikator terakhir adalah erada pada level empat kinerja pelayanan administrasi kependudukan, serta memiliki jumlah terbanyak pada rangking tertinggi setiap indikator tingkat pelayanan.


Kepala Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly, SAP. MM. mengungkapkan. Ada 30 kabupaten/kota dan 9 Daerah Afirmasi penerima penghargaan ‘Dukcapil Bisa’ skala Nasional. 


Penghargaan dibagi menjadi 3 kategori yaitu kabupaten/kota dengan jumlah penduduk besar, kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sedang, dan kabupaten/kota dengan penduduk kecil. Sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri no. 861-450 tahun 2021 tentang Penerima Penghargaan Kategori "Dukcapil Bisa" Tahun 2020.


Kabupaten Padang Pariaman masuk dalam kategori penerima penghargaan dengan kategori penduduk kecil bersama Kota Solok. Selain penghargaan, Dukcapilceria juga menerima reward mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), ujar Fadhly. 


Terkait penghargaan yang diterima, M. Fadly mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tim Dukcapil Ceria. Apa yang dilakukan selama ini, mendapat apresiasi dari Mendagri.


Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian saat membuka Rakornas Dukcapil tahun 2021 berharap, acara ini tidak hanya menjadi agenda tahunan. Apalagi sekadar untuk keterserapan anggaran, melainkan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan perbaikan dimasa yang akan datang. 


Mendagri Tito didampingi Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrullah, juga meminta agar seluruh jajaran Dukcapil baik di pusat maupun di daerah untuk menjadi aparatur yang profesional. (Sgr)




×
Berita Terbaru Update