Notification

×

Iklan

Bupati Hamsuardi Sambangi Masyarakat Sinuruik

Selasa, 27 April 2021 | 21:52 WIB Last Updated 2021-04-27T14:52:27Z

Bupati Hamsuardi di Masjid Nurul Iman.

Talamau, Rakyatterkini.com - Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi menyambangi masyarakat Jorong Paroman Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau, Senin 26 April malam.


Kunjungan tersebut merupakan agenda tim safari ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar hari ke-3 yang dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Jorong Paroman.


Bupati Hamsuardi mengatakan setiap malamnya ada 11 masjid yang dikunjungi oleh tim. Sedikitnya untuk tahun ini terdapat Empat Puluh Empat (44) masjid yang dikunjungi oleh tim safari ramadhan.


"Malam ini merupakan pertemuan dan silaturahmi yang istimewa antara pemkab pasbar dengan masyarakat nagari sinuruik. Tim safari terdiri dari sebelas dan sedikitnya ada 44 masjid yang dikunjungi sesuai jadwal yang ada," katanya.


Diteruskannya, di dalam kunjungan tim ada beberapa program prioritas yang ingin disosialisasikan kepada masyarakat sesuai visi dan misi bupati pasbar diantaranya adalah program magrib mengaji. 


Program magrib mengaji digalakkan dengan harapan di setiap rumah di Pasbar setiap malamnya selepas magrib ada masyarakat yang membaca Alquran. Hal tersebut merupakan upaya dalam rangka meningkatkan nilai-nilai keagamaan.


"Kita ada program magrib mengaji untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan. Saya sudah sudah surati seluruh kecamatan. Camat Talamau paling merespon perihal program ini karena langsung ditindaklanjuti," kata Hamsuardi.


Selanjutnya program rumah tahfid juga akan menjadi prioritas kedepan. Melalui pendirian rumah tahfidz pada setiap kecamatan diharapkan akan mendorong terciptanya generasi penghafal Alquran. 


"Seorang penghafal Alquran akan membawa sepuluh orang yang berkontribusi untuk menjadikannya hafiz kedalam surga. Saya ingin menjadi bahian dari orang-orang yang menjadikan banyak orang hafiz Alquran dengan mendirikan rumah tahfidz, sehingga dlam kurun waktu dua tahun kedeoan akan tercipta banyak penghafal Alquran di Pasbar," tuturnya.


Hamsuardi menilai bahwa pembangunan fisik itu jauh lebih mudah daripada membangun karakter generasi yang punya mental agama. Jika pembangunan fisik pemerintah daerah bisa menganggarkan sesuai kebutuhan. Membangun jalan atau jembatan lebih mudah daripada menciptakan seorang penghafal Alquran.


Seterusnya pemerintah daerah juga akan berfokus pada program pendidikan gratis bahi siswa SD, SMP dan SMA. Penerapan pendidikan gratis dengan tidak adanya lagi unrus pungutan yang berdalih apa pun. Apalgi dihubungkan dengan dana nomor ujian atau uang raport.


"Saya akan tindak tegas jika ada pungutan liar di sekolah," tegasnya.


Diakhir Hansuardi berharap silaturahmi antara Pemkab dengan masyarakat akan terus terjalin dan berharap masyarakat dapat mendukung semua kegiatan yang sudah di programkan.


"Apa pun programnya harus kita kaitkan dengan kehidupan beragama sehingga ada manfaat bagi kita untuk kehidupan dunia akhirat," harapnya.


Turut hadir dalam kunjungan safari ramadhan di Jorong Paroman, Ketua TP. PKK Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Hendra Putra, Kepala Dinas Kominfo, Edy Murdani, Kepala DPMP2T Fadlus Sabi, Kepala Bank Nagari Simpang Empat, Hendri Masri, Kabag Kesra Hendrizal, Forkopimca Talamau, Wali Nagari Sinuruik, kepala jorong Paroman, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (gjr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update