Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

BAZNAS Padang Pariaman Launching Gerakan Cinta Zakat

Kamis, 29 April 2021 | 16:39 WIB Last Updated 2021-04-29T09:39:20Z



Pariaman, Rakyatterkini.com - Bulan Ramadhan menjadi momentum dan pintu masuk untuk menggerakan cinta zakat.


Gerakan cinta zakat di launching di Padang Pariaman agar tingkat kesadaran Muzaki menyalurkan zakat menjadi meningkat. 


Ketua BAZNAS Padang Pariaman, Rahmat TK. Sulaiman, menuturkan pihaknya melakukan pendekatan promosi dan marketing haji dan sudah bentuk Unit pengumpul zakat (UPZ) Nagari se-Kabupaten Padang Pariaman. 


Selain itu juga sudah melantik dan mengukuhkan relawan amil dari unsur guru mengaji dan imam khatib serta gharin yang tersebar di setiap nagari. 


"In Syaa Allah Sabtu, 1 Mei 2021 juga akan dikukuhkan relawan Amil Baznas Padang Pariaman dari unsur pimpinan dan guru pondok pesantren se- Padang Pariaman, "ujar Rahmat. 


Ini diharapkan memberikan dampak positif pada peningkatan pengumpulan zakat di Padang Pariaman. Tentu akan mampu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pada launching Gerakan Cinta Zakat ini, BAZNAS Padang Pariaman juga meluncurkan program Satu KK Satu Zakat Fitrah ke UPZ Nagari. 


Momentum Ramadhan ini, dimana setiap jiwa yang hidup sampai sholat idul Fitri, diwajibkan membayarkan zakat fitrah. Maka BAZNAS Padang Pariaman merancang program Satu KK Satu Zakat Fitrah ke UPZ Nagari. 


Dikatakan, potensi ini sangat besar. Jika dilihat dari jumlah KK di Padang Pariaman sebanyak 153.000 KK. Jika satu dalam KK itu membayarkan zakat fitrahnya sebesar Rp35.000 ke BAZNAS Padang Pariaman, maka potensi terhimpunnya zakat fitrah melalui UPZ Nagari sebesar Rp5.355.000.000.


Baznas Padang Pariaman melalui surat edaran bupati Padang Pariaman kepada seluruh ASN dan honorer, maka potensi terhimpunnya dana zakat fitrah ke baznas jika dimaksimalkan akan sangat besar.


Jika jumlah ASN di lingkungan Pemda Padang Pariaman sebanyak 6.000 orang. Maka masing-masing ASN membayarkan zakat fitrah 2 orang anggota keluarganya. Potensinya 6.000 X 2 X 35.000 sebanyak 420.000.000.


Begitu juga dengan potensi zakat fitrah dari staf honorer dan sukarelawan. Mereka juga akan tetap wajib membayarkan zakat fitrah. Maka melalui surat edaran bupati kita kawal memaksimalkan potensi pengumpulan itu agar semua honorer dan sukarelawan membayarkan zakat fitrahnya ke Baznas Padang Pariaman.


Diperkirakan jumlah honorer dan pegawai sukarelawan di Padang Pariaman sebanyak 7.900 orang dikali 35.000. Akan terhimpun dana zakat fitrah dari pegawai honorer dan sukarelawan ini sebanyak Rp276.500.000.


Maka melalui Gerakan Cinta Zakat ini kita dorong dan optimalkan masyarakat membayarkan zakatnya ke Baznas Padang Pariaman yang kemudian akan didistribusikan kepada mustahik se-Padang Pariaman. (sgr)




×
Berita Terbaru Update