Notification

×

Iklan

Kemnaker Dukung Langkah Pemko Sawahlunto Turunkan Angka Pengangguran

Jumat, 26 Maret 2021 | 08:54 WIB Last Updated 2021-03-26T01:54:16Z

Wako Deri Asta menyerahkan proposal BLK Otomotif kepada Kemnaker, Ida Fauziyah. (foto ist)


Jakarta, Rakyatterkini.com - Kementerian Ketenagakerjaan mendukung upaya Pemerintah Daerah (Pemda) menurunkan pengangguran melalui program yang sesuai dengan karakteristik demografi daerahnya. 


Program yang dilaksanakan daerah seyogyanya bersinergi dengan program Kemnaker. Begitu dikatakan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah      didampingi Dirjen Binalattas, Budi Hartawan, saat menerima audiensi  Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta secara terpisah di Ruang Kerja Kemnaker, Jakarta, Kamis 25 Maret 2021.


Menurut Menaker Ida Fauziyah, yang dikutip dari Laman Resmi Kemnaker https://kemnaker.go.id/ Pemda dapat mengoptimalkan SDM yang ada di daerah untuk dapat masuk ke pasar kerja melalui mekanisme Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), Antar Kerja Lokal (AKL), maupun Antar Kerja Antar Negara (AKAN). 


Pemda juga dapat mengembangkan berbagai program peningkatan kompetensi, sehingga mampu bersaing dengan SDM daerah lain dan berkompetisi di pasar kerja nasional. 


Termasuk pula program pemberdayaan bagi tenaga kerja disabilitas, muda, wanita, dan lanjut usia, agar tenaga kerja khusus yang vulnerable (rentan) ini memperoleh kesempatan sama untuk masuk dalam pasar kerja, ujar Ida Fauziyah didampingi Dirjen Binalattas, Budi Hartawan. 


Menaker Ida menambahkan, potensi SDA dapat digali lebih dalam lagi untuk dimaksimalkan pemanfaatannya oleh SDM di daerah sehingga diharapkan dapat menciptakan wirausaha baru maupun lanjutan, yang pada akhirnya mendorong terciptanya perluasan kesempatan kerja. 


Sementara Dirjen Bilattas Budi Hartawan mengatakan Pemda Sawahlunto sepakat untuk meningkatkan kompetensi para pencari kerja yang ada didaerahnya. Yaitu melalui peningkatkan peran BLK baik UPTD, dan bantuan paket-paket pelatihan yang diberikan pusat.


"Peran BLK di daerah akan terus ditingkatkan, baik melalui APBD maupun pendampingan, bantuan sarana prasarana, maupun bantuan paket-paket pelatihan dari pusat," ujar Budi Hartawan.


Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menegaskan sebagai kota bekas tambang batubara, yang masih aktif hingga sekarang, Sawahlunto memiliki banyak potensi tenaga kerja di bidang otomotif dan alat berat. 


Untuk mengurangi pengangguran dan menyerap tenaga kerja, pihaknya mengusulkan kepada Menaker Ida Fauziyah untuk membangun workshop otomotif alat berat di Sawahlunto di bawah pengelolaan BLK Padang.

  

"Nantinya workshop otomotif alat berat Sawahlunto ada di bawah binaan BLK Padang, Kita berharap secepatnya pembangunan workshop ini terwujud karena lahan kita sudah punya," katanya.


Dalam kunjungan audiensi ini Deri Asta juga didampingi Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu, anggota DPR RI Darul Siska dan Ketua Yayasan Bung Hatta /mantan Dirjen Kemnaker, Masri Hasyar. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update