Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gubernur Dukung Sawahlunto Jadi Destinasi Wisata Sumbar

Kamis, 11 Maret 2021 | 15:24 WIB Last Updated 2021-03-11T08:24:13Z
Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Walikota Sawahlunto, Deri Asta mendiskusikan destinasi wisata kota tambang itu.


Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah mengatakan Kota Sawahlunto sudah masuk dalam Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Mahyeldi mengimbau semua pihak agar terus menjaga Kota Sawahlunto.


"Kita harus bangga dengan Sawahlunto sudah masuk sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO," kata Mahyeldi.


Kota Sawahlunto akan memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal, terutama yang berkaitan dengan pariwisata. Pihaknya pun mendukung jadikan Kota Sawahlunto sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat.


"Untuk itu pemprov Sumbar mendukung dengan akan dibangunnya akses jalan menuju Sawahlunto yang bisa dilalui oleh kendaraan besar seperti shutle Bus Pariwisata," tukasnya.


Gubernur Sumbar minta Kepala Dinas PUPR bersama Walikota Sawahlunto bisa berkoordinasi terkait pembangunan jalan tersebut, kalau perlu minta bantuan dengan pusat.


Gubernur berharap sektor pariwisata yang terdapat di Sawahlunto dapat mendongkrak pendapatan perkapita daerah. Aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sektor pariwisata yakni, pemasaran pariwisata, pengembangan destinasi wisata, dan sumber daya manusia pelaku wisata.


"Kuncinya yaitu akses menuju tempat destinasi wisata. Kalau jalan sudah bagus, maka akses menuju tempat wisata semakin lancar," tuturnya.


Kemudian untuk usulan bidang pendidikan, kebudayaan, sosial dan program lain, gubernur Sumbar mengatakan sudah sejalan dengan program-program yang ada di Sumbar. 


"Tinggal kita mengsingkronkan saja lagi, nanti kita mencari mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu," ujarnya.


Selanjutnya, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menambahkan, sebaikannya Pemko Sawahlunto bisa memanfaatkan UMKM memasarkan produknya dengan memakai branding Sawahlunto situs Warisan Dunia atau Sawahlunto by UNESCO dan lainnya.


"Tentu harga jual bisa naik, sekaligus mempromosi Sawahlunto sebagai situs Warisan Dunia," imbuhnya.


Audy berharap secara ekonomi bisa lebih maju dengan daerah lain dengan adanya lokasi tambang batu bara yang dioperasikan PT Bukit Asam Ombilin sebagai warisan dunia.


Wagub Sumbar memprediksi, kunjungan wisatawan di Ombilin akan meningkat. Tak hanya wisatawan, tetapi juga dari kalangan ilmuan atau pendidikan yang ingin belajar atau melakukan penelitian.


Dengan ditetapkannya Ombilin, Sawahlunto, sebagai warisan budaya dunia, maka dibutuhkan peningkatan infrastruktur seperti hotel, restoran dan lainnya. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update