Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 13 April 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.126 718 30.893 342
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Anggota DPD RI Emma Yohana, Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan bersama Wartawan

Senin, 22 Maret 2021 | 09:31 WIB Last Updated 2021-03-22T02:31:12Z
Anggota DPD RI, Emma Yohana foto bersama wartawan usai sosialisasi empat pilar kebangsaan.


Pasaman, Rakyatterkini.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI, Hj. Emma Yohana sosialisasikan empat pilar kebangsaan bersama wartawan di Pasaman, Minggu 21 Maret 2021 sore, di Emir Hotel Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.


"Saya menyadari, melakukan sosialisasi kepada wartawan, apalagi tentang kebangsaan, tentu tidak pas, karena saya yakin untuk masalah itu wartawan tentu sudah menguasainya. Namun saya berharap, adik-adik wartawan dapat meneruskan kepada publik melalui media masanya," ujar Emma Yohana mengawali sosialisasi.


Selama ini, sosialisasi Pancasila sudah sering dilakukan. Namun yang kita lihat justru semangat kebangsaan itu tetap tawar, Pancasila itu tidak jua kunjung terpatri dalam sanubari anak bangsa. 


Ini tentu jadi masalah yang dirasakan banyak kalangan, untuk itu perlu dihidupkan kembali dengan metode-metode baru, terangnya.


Menurut senator perempuan asli Sumatera Barat ini, empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika, merupakan tiang penyangga bagi Bangsa. 


Oleh karenanya diharapkan rakyat Indonesia merasa nyaman, aman dan tenteram serta terhindar dari berbagai macam potensi gesekan dan gangguan.


Dia mengungkapkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dimana terdapat 1.128 suku bangsa dan bahasa, beragam agama dan budaya, serta sedikitnya terdapat 16.056 pulau yang tersebar dari Sabang di Nangro Aceh Darussalam, hingga Maraoke di Papua. 


Mengingat kondisi demikian, Emma Yohana menekankan perlu konsepsi, dan kemauan yang kuat untuk menopangnya.


Lebih lanjut Ibu Emma mengatakan, empat pilar merupakan fondasi dasar yang menentukan. Ibarat sebuah bangunan, bila fondasi itu rapuh maka bangunan itu akan mudah roboh.


Ia berharap, fenomena seperti banyaknya dijumpai kurangnya penerapan rasa kebangsaan sesuai yang diharapan dalam praktek kehidupan bernegara, bisa lebih membaik kedepannya.


Pada kesempatan itu, Emma Yohana juga mengajak wartawan Pasaman untuk jeli mellihat peluang usaha yang dapat dikembangkan insan pers. Karena pemerintah saat ini banyak menyajikan bantuan usaha bagi pelaku UMKN, apalagi di tengah Pandemi Covid-19 mewabah.


"Sesuaikan saja dengan potensi yang ada di Pasaman, boleh perkebunan, peternakan atau perikanan. Bentuk wadahnya, bisa kelompok atau koperasi, sehingga usaha tersebut dapat dikelola secara bersama-sama, oleh wartawan," himbau Emma Yohana.


Sementara itu, Budhi Hermawan yang ditunjuk sebagai moderator dalam acara tersebut menilai, sosilisasi ini sangat strategis, agar empat pilar kebangsaan tersebut kembali di bumikan. 


Mengingat unsur yang terkandung di empat pilar, adalah warisan sekaligus kesepakatan untuk menjaga keutuhan bangsa yang besar ini.


"Konsepsi yang dirangkum sedemikian rupa, hingga Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara atau Empat Pilar Kebangsaan, sangat perlu untuk disosialisasikan oleh Ibu Ema Yohana, "tutup Budi Hermawan. (St.M)




×
Berita Terbaru Update