Notification

×

Iklan

Wako Deri Asta Kukuhkan Satlinmas Desa dan Kelurahan

Senin, 22 Maret 2021 | 14:19 WIB Last Updated 2021-03-22T07:19:14Z

Walikota Sawahlunto Deri Asta, kukuhkan satlinmas desa & kelurahan.


Sawahlunto,  Rakyatterkini.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta, melantik Satlinmas Kecamatan Barangin, Senin 22 Maret 2021.


Deri Asta  menyampaikan Satlinmas agar mampu bersinergi dalam pembangunan, keamanan, dan ketertiban serta ketentraman di desa/kelurahan.


"Satlinmas juga berfungsi dalam penggalangan dan pencegahan bencana, serta melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Satlinmas dalam hal ini kepala desa atau kelurahan, "ujar Deri Asta.


Satlinmas semula dikenal sebagai pertahanan sipil (hansip). Dalam perjalanan berubah menjadi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang merupakan suatu lembaga atau organisasi yang mempunyai tugas pokok untuk membantu aparatur daerah dalam memelihara, mencegah dan menanggulangi gangguan keamanan serta ketertiban masyarakat.


Kepala desa dan kelurahan sebagai kepala Satlinmas hendaknya mampu membangun sinergitas antara perangkat desa atau kelurahan, baik itu ketua RT/RW dan juga kepala dusun bersama dengan Satlinmas.


Melaksanakan fungsinya sesuai dengan Permendagri no.26 tahun 2020, sekaligus sebagai penyampai kebijakan pemerintah desa, daerah dan nasional. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update