Notification

×

Iklan

Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kesejahteraan Guru Harus Diperhatikan

Kamis, 02 Mei 2024 | 21:42 WIB Last Updated 2024-05-02T14:42:08Z


Painan, Rakyatterkini.com - Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/5/2024), anggota Komisi X DPR RI Lisda Hendrajoni menyampaikan serangkaian harapan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. 

Lisda menekankan pentingnya memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik, terutama para guru, sebagai salah satu prioritas utama.

Kesejahteraan para tenaga pendidik, termasuk guru, harus menjadi fokus utama yang harus diperjuangkan. Dia memandang bahwa pengabdian dan dedikasi para guru akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. 

Lisda menegaskan perlunya pemerintah memastikan kesejahteraan para guru, baik yang berstatus ASN maupun non-ASN, sebagai prioritas utama.

Lisda juga mencatat pentingnya Kurikulum Merdeka Belajar yang sedang diterapkan di sistem pendidikan Indonesia. 

Menurutnya, kurikulum tersebut sesuai dengan prinsip pendidikan yang dipegang oleh Ki Hadjar Dewantara, yakni menitikberatkan pada bakat, minat, dan potensi peserta didik tanpa memaksakan mata pelajaran tertentu.

Dia menambahkan semangat, perjuangan, dan komitmen Ki Hadjar Dewantara harus senantiasa menjadi inspirasi dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, dengan tema "Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar", diselenggarakan di seluruh Indonesia melalui upacara dan kegiatan lainnya. 

Lisda menekankan bahwa peringatan ini juga menjadi momen refleksi dan evaluasi bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Dia menyambungkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar, yang saat ini diterapkan dan akan terus dilanjutkan, telah sesuai dengan harapan untuk memberikan kebebasan kepada anak-anak dalam mengembangkan potensi mereka tanpa tekanan yang berlebihan atau menimbulkan stres. (baron)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update