Notification

×

Iklan

PBB sebagai Pilar Pembangunan, Langkah Konkret Padang Pariaman dalam Menggalang Masyarakat

Rabu, 01 Mei 2024 | 10:00 WIB Last Updated 2024-05-01T04:07:21Z

Kepala BPKD Padang Pariaman, Taslim Leter.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) mengadakan sosialisasi PBB secara massal di beberapa wilayah setempat.

Acara ini digelar di Hall IKK Paritmalintang pada Selasa (30/4/2024) dan menargetkan Kecamatan Nan Sabaris, Kecamatan Ulakan Tapakis, dan Kecamatan Sintuk Toboh Gadang.

Taslim Leter, Kepala BPKD, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas data pada Sistem Informasi Objek Pajak (SISMIOP) dan Sistem Informasi Geografis Pajak Bumi dan Bangunan (SIG-PBB) agar sesuai dengan realitas lapangan dan subjek pajak saat ini.

"Kualitas data yang akurat sangat penting sebagai dasar yang kuat. Oleh karena itu, perlu untuk secara berkala memperbarui data sesuai dengan perkembangan terkini di Kabupaten Padang Pariaman. Kesalahan data bisa menghambat pendapatan dari sektor PBB-P2," ungkapnya.

Leter berharap melalui sosialisasi ini, koordinator dan kolektor kecamatan serta pemimpin wilayah dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kewajiban membayar PBB, serta mengelolanya dengan baik dalam sistem basis data.

Pemerintah daerah terus berkomitmen untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak, baik dari segi layanan maupun administrasi.

PBB merupakan salah satu sumber penting Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Padang Pariaman. Dana dari PBB digunakan untuk mendukung berbagai program pembangunan seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Dengan membayar PBB, masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

"Kami mengajak para pemimpin wilayah dan pemangku kepentingan di tingkat nagari untuk meningkatkan kontribusi pajak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tambahnya. (suger)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update