Notification

×

Iklan

Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah HKBN 2024, Dihadiri Duo Menteri

Selasa, 23 April 2024 | 22:06 WIB Last Updated 2024-04-23T15:06:38Z

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, saat meninjau lokasi bencana.

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan Sumbar akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 pada 26 April. 

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy serta Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto telah dijadwalkan untuk menghadiri acara tersebut.

"Dengan senang hati kami menerima kesempatan untuk menyelenggarakan acara nasional ini lagi. Kami akan menjadikan Kota Padang sebagai pusat kegiatan utama HKBN nanti. Kami bertekad untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin," ujar Gubernur, Selasa (23/4/2024).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Rudi Rinaldi, menjelaskan mengenai kegiatan HKBN di Sumbar. Dia menyebut bahwa BNPB telah memberikan arahan terkait peringatan HKBN di wilayah tersebut. Pihaknya masih terus berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran acara tersebut.

"Salah satu arahan yang kami terima adalah menggelar simulasi bencana gempa bumi dan tsunami di tujuh kabupaten/kota pesisir Sumbar. Sementara kabupaten/kota lainnya akan menggelar simulasi bencana gempa bumi. Seluruhnya, simulasi ini akan dilaksanakan di 30 kabupaten/kota di Indonesia," kata Rudi.

Rudi juga mengungkapkan Gedung Padang Youth Centre direncanakan menjadi posko utama untuk memantau simulasi yang berlangsung di 30 titik di seluruh Indonesia. 

Selain itu, akan ada penandatanganan plakat dorongan untuk mendorong adopsi early warning system (EWS) Inklusi dan Tsunami Safe Zone yang telah berhasil diterapkan di Sumbar ke daerah-daerah lain yang memiliki risiko serupa. (adpsb)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update