Notification

×

Iklan

Pengunjung Pulau Cingkuak Menurun, Tantangan Pariwisata di Pesisir Selatan

Senin, 15 April 2024 | 09:00 WIB Last Updated 2024-04-15T02:00:00Z

Jembatan Dermaga Pulau Cingkuak rusak. Butuh perbaikan. (foto baron)



Painan, Rakyatterkini.com -
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengakui adanya penurunan jumlah pengunjung di Dermaga Kayu Pulau Cingkuak pada tahun ini. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pessel, Suhendri, menyampaikan hal ini saat dimintai konfirmasi.

Suhendri menjelaskan bahwa kondisi dermaga kayu di Pulau Cingkuak memang mengalami penurunan pengunjung. Namun, ia menekankan bahwa dermaga tersebut tidak terdaftar sebagai aset di Dinas Pariwisata, sehingga tidak ada yang dapat dilakukan secara langsung oleh pihaknya.

"Jadi, meskipun Jembatan Asmara telah kami perbaiki, jembatan di Pulau Cingkuak tidak berada dalam lingkup Dinas Pariwisata. Jika bukan di Departemen Perikanan, maka di Departemen Perhubungan," ungkapnya.

Suhendri juga menjelaskan bahwa Dinas Pariwisata telah melakukan renovasi terhadap sarana pariwisata di kawasan Carocok sebelum Lebaran. Salah satu yang diperbaiki adalah Jembatan Asmara, sebuah jembatan pejalan kaki.

"Jembatan Asmara sudah kami perbaiki menjelang Lebaran kemarin karena kondisinya membutuhkan perbaikan darurat," tambahnya.

Terkait dengan penurunan jumlah pengunjung, Suhendri mengakui bahwa terjadi penurunan, terutama di Pesisir Selatan.

"Jumlah pengunjung memang mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini karena dampak bencana dan kurangnya informasi," jelasnya. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update