Notification

×

Iklan

Menguak Tantangan Pendidikan, Evaluasi Kinerja Kepemimpinan dan Peringkat Pesisir Selatan di Sumatera Barat

Senin, 08 April 2024 | 22:15 WIB Last Updated 2024-04-08T15:17:32Z

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan.


Painan, Rakyatterkini.com  -
Meskipun dipimpin oleh seorang guru dengan pengalaman luas di bidang pendidikan, nyatanya, kemajuan di sektor pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan masih belum mencapai tingkat yang diharapkan.

Data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesisir Selatan menunjukkan bahwa di bawah kepemimpinan Rusma Yul Anwar, sektor pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Rusma Yul Anwar, yang sebelumnya merupakan seorang guru dan birokrat, memulai karirnya di SMEA Negeri Payakumbuh pada 1987 dan kemudian pindah ke SMEA Negeri Painan pada tahun 1989. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Wakil Kepala SMEA Negeri Painan dan Kepala SMK Negeri 1 Painan.

Kemudian beralih ke jalur birokrasi, menjabat sebagai Kabid PMPTK Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan, dan mengakhiri karirnya sebagai PNS dengan menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan pada periode 2011–2016.

Namun, meskipun telah beberapa tahun memimpin, rata-rata lama sekolah penduduk Pesisir Selatan masih tetap di bawah rata-rata provinsi. Pada awal kepemimpinannya pada tahun 2021, rata-rata lama sekolah masyarakat Pesisir Selatan adalah 8,27 tahun, di bawah rata-rata Provinsi Sumatera Barat yang mencapai 9,07 tahun atau setara dengan kelas 3 SMP.

Dalam tiga tahun masa jabatannya, rata-rata lama sekolah di Pesisir Selatan meningkat menjadi 8,58 tahun menurut Pesisir Selatan dalam Angka 2024, namun tetap di bawah rata-rata provinsi yang mencapai 9,28 tahun.

Posisi Pesisir Selatan dalam peringkat pendidikan di Sumatera Barat juga menurun dari peringkat 12 menjadi peringkat 13, sementara Kabupaten Solok Selatan berhasil menyalip dengan rata-rata lama sekolah 8,69 tahun.

Perlu diingat bahwa rata-rata lama sekolah dihitung sebagai total tahun belajar penduduk usia 15 tahun ke atas dalam pendidikan formal, tanpa memperhitungkan tahun yang diulang. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update