Notification

×

Iklan

1.000 Rakik Maco Katumba Meriahkan Event Progul Satu Nagari Satu Event 2024

Sabtu, 13 April 2024 | 08:07 WIB Last Updated 2024-04-13T01:07:59Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, pada acara program unggulan.



Tanah Datar, Rakyatterkini.com -
Suasana meriah memenuhi Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, saat menjadi tuan rumah acara pembuka Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event Kabupaten Tanah Datar tahun 2024.

Event tersebut disoroti oleh kehadiran 1000 rakik maco katumba, disertai dengan beragam kegiatan budaya seperti tari massal, malam babudayo, labuah balagak, penampilan kesenian anak nagari, pacu jawi, ba olang-olang, ma onta pinum kowoa ka sawah, salawek dulang, alek buru babi, dan balai UMKM.

Acara ini resmi dibuka oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, pada Jumat (12/4/2024), di halaman kantor Wali Nagari Labuah.

Bupati Eka Putra menyatakan keberhasilan pelaksanaan acara ini sebagai hasil dari persiapan yang matang, termasuk penggunaan bahan lokal seperti jerami dan bambu. Progul Satu Nagari Satu Event diinisiasi untuk melestarikan budaya, adat, kuliner khas nagari, serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satu sorotan adalah tradisi serah terima gelanggang yang disaksikan oleh generasi muda, serta prosesi memasak rakik maco katumba, sebuah kuliner khas nagari Labuah yang lezat. Bupati Eka Putra juga mengapresiasi penampilan seni yang dilakukan oleh putra dan putri Nagari Labuah.

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati menyatakan dukungannya dengan menyediakan dana sebesar Rp25 juta untuk membantu seragam dan perlengkapan penampilan anak-anak dalam kegiatan seni.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, Pemerintah Nagari, serta masyarakat dan perantau Nagari Labuah atas dukungan dan semangat mereka dalam mendukung Progul Satu Nagari Satu Event. Kebersamaan ini tercermin dalam penunjukan ketua panitia pelaksana yang juga merupakan ketua KAN Labuah.

Munafri Dt. Majo Indo Nan Karuik, ketua Pelaksana dan ketua KAN Labuah, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Bupati Tanah Datar. Dia menyatakan bahwa kegiatan ini telah lama diimpikan oleh masyarakat Nagari Labuah dan menjadi momen yang bersejarah untuk mereka.

Wali Nagari Labuah, Wahyudi Asri, menegaskan pentingnya Program Satu Nagari Satu Event dalam melestarikan adat, budaya, dan kuliner khas nagari. Dia berharap adanya dukungan dari Pemda untuk memperluas pasar bagi produk UMKM mereka.

Tokoh masyarakat, Zuldafri Darma, juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati dalam penyelenggaraan Progul Satu Nagari Satu Event di Nagari Labuah. Dia menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program ini di masa mendatang. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update