Notification

×

Iklan

Sumbar Alokasikan Rp137 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Kabupaten Tanah Datar

Sabtu, 30 Maret 2024 | 11:48 WIB Last Updated 2024-03-30T04:48:13Z

 Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Medi Iswandi.

Padang, Rakyatterkini.com - Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Medi Iswandi, menuturkan pada 2024, Pemerintah Provinsi telah mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp137 miliar untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan rusak di Kabupaten Tanah Datar.

Medi Iswandi menyampaikan berdasarkan arahan Gubernur, APBD Sumbar telah dialokasikan untuk perbaikan jalan di Kabupaten Tanah Datar.

Dikatakan, beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki antara lain Jalan Ombilin - Batusangkar dengan anggaran Rp20 miliar yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan dan diharapkan selesai sebelum Lebaran tahun ini. 

Ruas jalan Sawahlunto – Pagaruyung juga akan diperbaiki menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga sebesar Rp1,5 miliar.

Selanjutnya, ruas jalan Halaban – Lintau – Sitangkai dengan anggaran Rp98 miliar akan dikerjakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional Sumbar, sedangkan perbaikan ruas jalan Baso/Piladang - Batusangkar akan memanfaatkan sisa tender Inpres Jalan Daerah Piladang sebesar Rp6 miliar.

Selain itu, pada tahun 2024, Pemprov Sumbar juga memberikan bantuan penguatan infrastruktur kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khusus sebesar Rp17,5 miliar.

Medi Iswandi yakin bahwa dengan alokasi anggaran tersebut, persoalan jalan rusak yang selama ini menjadi keluhan masyarakat dapat terselesaikan.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, mengatakan bahwa jalan rusak memang sering menjadi keluhan masyarakat, namun berkat tanggapan cepat dari Pemerintah Provinsi, persoalan tersebut dapat teratasi dalam waktu singkat.

Eka Putra menjelaskan bahwa dana BKK dari Pemprov Sumbar sebesar Rp17,5 miliar akan dimanfaatkan untuk pemeliharaan sejumlah ruas jalan kabupaten.

Selain itu, pihaknya bersama Pemprov Sumbar juga berencana melakukan peningkatan kualitas jalan pada jalur alternatif Lubuak Mati Kuciang - Pandai Sikek pada tahun 2025 mendatang. (adpsb)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update