Notification

×

Iklan

Optimisme 2025, Koto Parik Gadang Diateh Susun Rencana Prioritas Pembangunan dan Sumber Daya Manusia

Rabu, 31 Januari 2024 | 08:53 WIB Last Updated 2024-01-31T01:53:56Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, pada suatu kegiatan.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Bupati Solok Selatan, Khairunas, menyatakan Koto Parik Gadang Diateh memiliki peran penting dalam memberikan kesan positif, karena terletak di gerbang utama wilayah tersebut. 

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah sedang mengupayakan peningkatan infrastruktur, terutama kualitas jalan nasional yang menjadi arteri utama di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, serta jalan penghubung utama menuju Ibu Kota Solok Selatan.

Itu dikatakan bupati saat menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan yang bertujuan menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2025. 

Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh turut serta menyampaikan sejumlah rencana pembangunan yang diharapkan menjadi prioritas untuk tahun mendatang.

Bupati Khairunas mengungkapkan komitmennya dalam mendorong peningkatan infrastruktur tersebut, dengan mengatakan menghimpun aspirasi masyarakat terkait pembangunan daerah pada tahun depan.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda, turut memberikan pernyataan, menjelaskan DPRD bekerja sama dengan pemerintah untuk mengakomodir seluruh rencana pembangunan masyarakat. Meskipun APBD Solok Selatan terbatas, upaya terus dilakukan untuk mencari alternatif pendanaan.

"Meskipun belum semua usulan dapat terakomodir dari APBD karena keterbatasan dana, kami terus berupaya mencari solusi alternatif pendanaan," ungkap Zigo.

Menyikapi tahun 2025, perangkat di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh telah sepakat untuk mengajukan sejumlah program pembangunan yang terfokus pada tiga bidang utama, yaitu infrastruktur, sumber daya alam, dan bidang lainnya. 

Program-program tersebut mencakup pembangunan cekdam, jembatan, drainase, serta pembangunan dan peningkatan jalan. Selain itu, masyarakat berharap adanya normalisasi Sungai Batang Suliti dan pembangunan tugu Sungai Batang Lolo.

Terdapat juga aspirasi untuk pembangunan sumber daya manusia, seperti peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta upaya meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bantuan bibit tanaman dan ikan. 

Pemeliharaan adat dan kebudayaan juga menjadi fokus, dengan rencana pelatihan pidato adat dan pelestarian kesenian oleh masyarakat. Peningkatan infrastruktur sekolah juga menjadi harapan untuk tahun mendatang. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update