Notification

×

Iklan

Kelompok Tani di Nagari Pasar Muarolabuh Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Selasa, 30 Mei 2023 | 12:10 WIB Last Updated 2023-05-30T05:10:43Z

Peserta pelatihan foto bersama.

Solok Selatan, Rakyatterkini.com - Mewujudkan program ketahanan pangan masyarakat melalui kegiatan usaha kelompok tani di nagari, Pemerintahan Nagari Pasar Muaralabuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solsel, melaksanakan pelatihan budidaya ikan air tawar, khususnya jenis ikan lele.

Kegiatan ini adalah bentuk motivasi dan dorongan agar masyarakat melalui kelompok tani dapat membangun usaha perekonomian mereka, agar terwujudnya ketahanan pangan masyarakat di nagari perkotaan ini, harap Pj. Wali Nagari Pasar Muaralabuh, Rudi Iswandra didampingi Sekretaris Nagari Edri Yulkisra, Senin (29/5/2023).

Pelaksanaan pelatihan budidaya ikan air tawar/lele yang dilaksanakan oleh Seksi Pelayanan Nagari itu, telah dilaksanakan pada Selasa (23/5/2023) lalu di Wisma Umi Kalsum," jelas Rudi.

Kegiatan yang melibatkan kelompok tani yang ada di nagari tersebut, tujuannya agar budidaya ikan lele tersebut oleh masyarakat bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan ekonomi dalam pengadaan budidaya ikan lele di nagari setempat.

"Budidaya ikan lele ini adalah kegiatan kongkrit dalam upaya menjaga ketersediaan pangan melalui bidang pemberdayaan masyarakat, harap Rudi Iswandra, yang diamini Sekna Edri Yulkisra.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Pemnag Pasar Muara Labuh, Gusta Suherman menambahkan, kegiatan pelatihan budidaya ikan air tawar/lele yang melibatkan empat kelompok tani itu, secara resmi dibuka Pj. Wali Nagari yang diwakili Sekna Edri Yulkisra dengan Nara Sumber, Oktaviandri dari Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan Kabupaten Solsel.

Kelompok tani juga diberi bantuan bibit ikan lele sebanyak 1500 ekor per kelompok, bantuan media pembuatan kolam, dan pakan ikan.

Budiyanto ikan lele ini hendaknya dapat mendukung ketahanan pangan, perbaikan gizi masyarakat serta peningkatan ekonomi masyarakat, harapnya. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update