Notification

×

Iklan

Camat Harus Harus Jadi Mata, Telinga dan Mulut Bupati

Sabtu, 06 Mei 2023 | 17:28 WIB Last Updated 2023-05-06T10:35:25Z

Sekda Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, saat memberi arahan pada rapat koordinasi Forum Camat se-Padang Pariaman.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Di jajaran pemerintah daerah, camat diharapkan bisa menjadi mata, telinga, dan mulut. Camat harus mampu melihat dan memahami berbagai potensi daerah yang ada di wilayah kerjanya. Karena camat juga memiliki tugas atributif di wilayah kerja mereka masing-masing.

Demikian ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, saat memberi arahan pada rapat koordinasi Forum Camat Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2023, bertempat di Aula Pertemuan Kantor Camat Batang Anai, Jumat (5/5/2023). 

Rudy juga menegaskan, camat harus mengetahui kejadian apapun yang ada di wilayah kerjanya, bahkan satu daun yang jatuh harusnya menjadi pantauan camat sebagai penguasa wilayah. Jadi katanya, tidak ada yang boleh lempar wewenang, meskipun secara teknis ada OPD di tingkat Kabupaten yang memiliki tusi dari permasalahan tersebut.

"Camat punya wewenang penuh di wilayah kerjanya," tegas Rudy. 

Camat berfungsi sebagai telinga pemerintah daerah. Mendengar keluhan masyarakat dan memahami segala potensi masalah yang harus diselesaikan. Sehingga pemerintah daerah akan mudah dan bisa cepat dalam menyikapi dan menangani berbagai persoalan di tengah masyarakat. Dia menegaskan lagi, persoalan yang bersifat insedentil harus diselesaikan dengan non birokrasi. 

"Camat harus melek dengan informasi dari berbagai sumber, termasuk media sosial. Jika ada persoalan harus disikapi dengan bijaksana dan laporkan ke pemda, sebab semuanya akan berdampak langsung kepada pimpinan, apalagi sekarang sudah masuk tahun politik," ujarnya. 

Sekda Rudy menambahkan, camat harus jadi mulut di jajaran pemerintahan. Camat juga harus menjadi corong, sebagai penyampai informasi pembangunan dan program daerah kepada masyarakat.

Disamping itu, camat juga harus memastikan segala raihan prestasi dan capaian-capaian daerah sampai kepada masyarakat melalui penyebarluasan informasi dan berbagai bentuk sosialisasi lainya. (suger)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update