Notification

×

Iklan

Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat Bakal Direalisasikan Pemdes Bukit Raya

Sabtu, 04 Februari 2023 | 08:19 WIB Last Updated 2023-02-04T01:19:29Z

Kades Bukit Raya, Rasiman dalam suatu kegiatan rapat dengan Direktur BUMDes.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Kepala Desa Bukit Raya, Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing, Rasiman, mengatakan ada beberapa program prioritas yang bakal dijalankan oleh pihaknya pada tahun ini.

Dikatakan, program kerja tersebut salah satunya adalah pembangunan kantor desa baru. Dana pembangunan itu berasal dari pendapatan asli desa dan swadaya masyarakat.

Pembangunan kantor baru tersebut dikarenakan kantor yang selama ini digunakan kondisi kurang memadai, dan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Rencana 2023 ini kami bangun kantor desa baru. Jadi bangunan kantor yang lama nanti bisa dipakai untuk kantor BUMDes. Mudah-mudahan bisa segera terwujud," ujar Rasiman, baru-baru ini.

Rasiman menyebut, pogram prioritas lainnya yang bakal direalisasikan yaitu penggelontoran dana Rp200 juta sebagai penyertaan modal pemerintah desa untuk pengembangan usaha BUMDes. 

Menurutnya, program pengembangan BUMDes tersebut merupakan upaya pihaknya dalam memaksimalkan pemanfaatan pontensi sumber daya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

"Kita juga ada penyertaan modal untuk pengembangan usaha BUMDes. Ini merupakan upaya untuk memaksimalkan peran BUMDes dalam menjalankan usaha perekonomian desa," ungkap Rasiman.

Sementara Ayub Abdul Jabar selaku Sekdes menambahkan fokus lainnya pada rencana kerja tahun ini yaitu pengembangan usaha perternakan sapi untuk pemenuhan kebutuhan pangan.

Usaha perternakan ini, kata Ayub juga merupakan salah satu upaya pihaknya dalam rangka percepatan populasi sapi untuk memperkuat ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat.

Perternakan dengan pola pemeliharaan oleh kelompok tani itu adalah pogram lanjutan dari tahun sebelumnya. Yang mana pengembangan sapi lebih diarahkan pada struktur hulu.

"Sebelumnya program ternak sapi sudah kita luncurkan, dan Alhamdulillah cukup berhasil. Maka itu tahun ini kita adakan lagi untuk pengembangan yang akan dilakukan oleh kelompok tani lainnya," katanya.

Sekdes berharap dukungan masyarakat dan seluruh pihak terkait agar semua program kerja pembangunan kesejahteraan masyarakat di Desa Bukit Raya bisa segera terlaksana dengan baik. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update