Notification

×

Iklan

Pemkab Padang Pariaman Deklarasikan Sekolah Bersih Narkoba

Kamis, 02 Februari 2023 | 08:31 WIB Last Updated 2023-02-02T01:31:10Z

Deklarasi sekolah bersih narkoba.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Peredaran dan penyelundupan narkoba sudah merambah ke sekolah. 

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Brigjen Sukria Gaos menyebutkan masalah narkoba merupakan kejahatan yang luar biasa dan diperlukan penanganan yang serius.

Ia menyebutkan, salah satu bentuk keseriusan itu, pemerintah daerah Padang Pariaman melalui Dinas Pendidikan mewujudkan program BERSINAR atau sekolah bersih narkoba.

"Ini salah satu wujud nyata yang telah dilahirkan oleh pemerintah daerah setempat, dan bahkan daerah pertama di Sumbar yang mendeklarasikan," sebut Sukria Gaos pada saat deklarasi sekolah bersih narkoba, di SMP 1 Kecamatan 2x11 Enam Lingkungan, Selasa 1 Februari 2023.

Sementara Bupati Suhatri Bur menegaskan narkoba merupakan ancaman yang sangat serius dan nyata, dimana narkoba memiliki daya rusak yang hebat hingga dapat merusak generasi suatu bangsa.

Masalah narkoba bukan hanya menyentuh lapisan tertentu saja, tetapi menyentuh semua lapisan masyarakat. Tidak ada yang dinyatakan bebas dari masalah ini, bahkan sudah menyentuh generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Anwar mengajak kepala sekolah yang merupakan bagian dari pendidik untuk berperan aktif dalam upaya P4GN di lingkungan pendidikan tempatnya masing-masing.

Penanganan narkoba tidak hanya ditanganai oleh BNN saja, namun diperlukan adanya sinergitas dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat.

Adapun strategi yang dilaksanakan oleh pihak sekolah mengedepankan 4 pilar yaitu pencegahan, pemberdayaan, pemberantasan dan rehabilitasi.

Ini dilakukan dengan inovasi lainya, seperti gerakan seribu siswa penghafal Alquran "Gebu Sipapa" dan siswa bersedekah setiap hari "Siberseri". (suger)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update