Notification

×

Iklan

Hasilkan Laba Rp371 Juta, BUMDes Berkah Makmur Desa Sukaraja Menuju Syariah

Selasa, 31 Januari 2023 | 11:26 WIB Last Updated 2023-01-31T04:26:42Z

Kades Sukaraja, Jajang menerima PADes dari Direktur BUMDes Berkah Makmur pada acara MPTB tahun buku 2022.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Desa Sukaraja merupakan salah satu desa di Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuansing. 

Lokasi desa dengan penduduk multi etnis ini memiliki jarak tempuh dari kota Teluk Kuantan sekitar 45 kilometer.

Dengan rentang jarak cukup jauh dari Ibukota Kabupaten Kuansing, desa Sukaraja terus berinovasi agar bisa lebih maju. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang didirikan beberapa tahun lalu itu, sukses membangun ekonomi masyarakat.

Kini, desa Sukaraja yang dipimpin oleh Jajang tersebut selangkah lebih maju dibandingkan desa lain dengan keberhasilan usaha BUMDes Berkah Makmur yang bisa meraup laba ratusan juta rupiah setiap tahun. 

Menurut Kepala Desa yang dikenal ramah itu, bahwa pada tahun buku 2022 BUMDes Berkah Makmur mampu meraih laba bersih Rp371 juta. Dari laba tersebut, salah satu hasilnya bisa menyumbang untuk pendapatan asli desa (PADes) sebesar 10 persen.

"Adapun unit usaha yang dimiliki BUMDes Berkah Makmur saat ini antara lain adalah unit simpan pinjam, pasar desa, pengadaan barang, perkebunan, perternakan, air bersih dan BRILink. Dari usaha itu menghasilkan laba bersih sebesar Rp371 juta," ujar Jajang, Senin (30/1/2023).

Sebagai sebuah lembaga keuangan bentukan pemerintah desa, lanjut dikatakan Jajang, pengelola bersama pemdes dan masyarakat menggelar musyawarah pertanggungjawaban tahunan BUMDes (MPTB) yang digelar setiap awal tahun. 

Yang mana pada tahun buku 2022, pengelola sudah melaksanakan MPTB yang sekaligus mengadakan gebyar hadiah doorprize berupa sepeda motor, puluhan peralatan elektronik, perabotan rumah tangga dan banyak hadiah lainnya dibagikan kepada masyarakat.

"Kondisi BUMDes Berkah Makmur saat ini tidak terlepas dari kekurangannya, namun telah memberikan arti yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian masyarakat di desa Sukaraja ini," pungkas Jajang. 

Direktur BUMDes Berkah Makmur, Khairudin mengatakan, sebagai lembaga usaha milik desa, pengelolaan BUMDes harus lebih berpihak kepada kepentingan peningkatan perekonomian masyarakat melalui unit usaha yang ada. 

Selaku pengelola ia berupaya semaksimalnya mewujudkan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kedepan pihaknya akan melakukan pengembangan usaha sektor perternakan dan pertanian. Ini adalah potensi untuk peningkatan ekonomi pedesaan.

"Alhamdulillah tahun ke tahun terus berkembang. Hingga saat ini jumlah tabungan masyarakat mencapai Rp3,9 miliar. Dan tabungan ini tanpa bunga, karena memang keinginan masyarakat tanpa riba. Jadi BUMDes Berkah Makmur ini menuju BUMDes Syariah," katanya. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update