Notification

×

Iklan

Aset Koperasi Rp20,2 Miliar, KP-RI Kogusda Solok Adakan RAT

Sabtu, 21 Januari 2023 | 19:27 WIB Last Updated 2023-01-21T12:27:58Z

Walikota Solok, Zul Elfian Umar dalam acara RAT KP- RI Kogusda.

Solok, Rakyatterkini.com - Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar membuka rapat anggota tahunan (RAT) Paripurna Koperasi Pegawai-Republik Indonesia (KP-RI) Koperasi Guru Sekolah Dasar (Kogusda) Kota Solok Tahun Buku 2022, Sabtu 21 Januari 2023.

Wali Kota Zul Elfian Umar menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada KP-RI Kogusda Kota Solok yang semakin matang dan menjadi kebanggan masyarakat Kota Solok.

Selain itu sebagai contoh bagi koperasi lain di Kota Solok, Sumatera Barat bahkan Indonesia.

"Kita patut bangga, ada 2022 KPRI Kogusda Kota Solok meraih penghargaan terbaik pertama dari total 252 KPRI se-Sumatera Barat (Sumbar). Semoga kedepan semakin maju dan semakin jaya hendaknya," ujar Zul Elfian Umar.

Menurutnya RAT merupakan kesiapan yang baik dan laporan keuangan Tahun 2022 dapat berjalan dengan baik. Sebagai bukti kerja keras pengurus dalam memberikan yang terbaik. 

Inovasi usaha juga harus dilakukan, yang nantinya dapat bermanfaat bagi seluruh anggota dan masyarakat banyak. Sesuai dengan Jargon Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah yang Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara), tutur walikota.

Sebelumnya Ketua Ketua KP-RI Kogusda Kota Solok, Desriyondra, mengatakan RAT sekaligus launching aplikasi smartcoop. Ini merupakan fitur aplikasi yang dapat diakses oleh pengurus dan anggota KP-RI Kogusda Kota Solok. 

KP-RI Kogusda Kota Solok juga telah bekerjasama dengan PT Arofah Galang Mulia dalam memberikan kredit istimewa bagi anggota koperasi yang ingin umroh dengan bunga 0,6 persen.

"Saat ini asset koperasi ini sebanyak Rp20,2 Miliar, dengan total pinjaman kepada anggota sebesar Rp12,4 Miliar pertahun."

Disisi lain Ketua Dekopinda Kota Solok, Fatrial Panai mengatakan, pada era pandemi Covid-19 lalu, satu-satunya koperasi di Kota Solok yang melakukan RAT secara online adalah KPRI Kogusda. Prestasi ini patut diteladani dan ditiru oleh koperasi lain di Kota Solok.

Pada 2023 ini, Sumatera Barat terpilih menjadi tuan rumah Hari Koperasi Nasional. Sebagai tuan rumah, seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat harus menyukseskan dan menggebyarkan Hari Koperasi Nasional 2023 ini.

"Kita sudah mulai mensosialisasikan sejak tahun 2017. Saat ini sudah ada total 15 koperasi di Kota Solok berbasis syariah. Untuk itu mohon dukungan dari seluruh anggota dan pihak terkait untuk mewujudkan rencana kita bersama ini," tutupnya.

Dalam acara itu juga panitia juga menggelar stand-stand dagangan dari para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Solok. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update